11+ Aplikasi Nonton Anime Subtitle Bahasa Indonesia Terbaik Hemat Kuota

Aplikasi nonton anime saat ini semakin berkembang luas. Kepopuleran kartun khas Jepang memang sudah mendunia. Bahkan, fanbasenya telah tersebar dari berbagai kalangan usia dan kelompok.

Kartun khas Jepang memang tidak banyak muncul di TV Indonesia. Meskipun muncul, baru tayang beberapa episode sudah tidak tayang kembali. Parahnya, beberapa episode diputar ulang untuk mengisi jam tayang.

Youtube yang juga menjadi aplikasi streaming video paling populer tidak menampilkan semua judul. Meskipun ada, mungkin tidak secepat yang ada dalam aplikasi khusus. Jadi juga akan sama saja.

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi untuk menonton anime yang bisa diunduh secara gratis. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Playstore maupun Apple Store tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Daftar Aplikasi Nonton Anime Hemat Kuota

Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai untuk menonton anime. Beberapa aplikasi mungkin berbayar, beberapa memberikan free trial. Namun, banyak juga aplikasi yang memberikan semua fiturnya secara gratis.

1. Crunchyroll

Aplikasi nonton anime sub indo yang pertama adalah Crunchyroll. Pengguna bisa menggunakan 2 metode, yaitu gratis dan berbayar. Keduanya tentu memiliki fasilitas dan fitur yang berbeda satu sama lain.

Crunchyroll sendiri dikembangkan oleh Ellation dan disebut sebagai tempat anime paling lengkap. Aplikasi ini sendiri sudah diluncurkan ke publik sejak 20 Desember 2010 lalu. Sejak saat itu Crunchyroll langsung populer.

Ukurannya sendiri sangat kecil, sekitar 10,74 MB dan terakhir update dilakukan pada 14 Mei 2021 lalu. Untuk saat ini, Crunchchyroll sudah sampai pada versi 3.8.0.

Karena kepopulerannya ini, Crunchyroll telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Sudah ada lebih dari 600 ribu ulasan dengan nilai 3,5 bintang. Ratingnya juga cukup baik, yaitu 12+.

Di aplikasi Crunchyoll, kamu akan mendapatkan banyak sekali anime berbagai genre. Jadi ada banyak alternatif yang bisa menemani waktu senggang. Sangat di rekomendasikan untuk kamu miliki aplikasi tersebut.

2. Anime Lovers

Aplikasi nonton anime sub indo selanjutnya adalah Anime Lovers. Anime Lovers memiliki banyak sekali update setiap hari. Jadi, kamu tidak akan bosan menunggu setelah menyelesaikan satu episode.

Aplikasi ini pertama kali rilis pada 16 Oktober 2018 lalu dan terakhir update pada 23 September 2020. Update terakhir ini telah mencapai versi 2.47 dengan membawa beberapa fitur baru.

Sejak pertama kali diluncurkan, sudah ada lebih dari 5 juta kali unduhan. Lebih 100 ribu ulasan telah memberikan nilai 4,2 bintang. Sedangkan ratingnya sendiri mencapai angka 16+.

Dari sisi ukuran, Anime Lovers hanya memiliki ukuran 4,8 MB. Ukuran yang kecil membuat banyak orang menyukai aplikasi ini. Bahkan, hampir setiap pecinta anime pasti memilikinya.

Salah satu kelebihannya adalah ada banyak koleksi berbagai genre. Salah satu yang sering dinantikan adalah One Piece. Sebuah kartun khas Jepang yang saat ini sudah memiliki sekitar 1000 episode.

3. AnimeTV

Jika ingin mendapatkan aplikasi nonton anime dengan banyak koleksi, animetv bisa jadi aplikasi terbaik. Di sini kamu akan mendapatkan berbagai judul dengan ragam genre, seperti aksi hingga fantasi.

Animetv sendiri memiliki ukuran 15,58 MB. Pertama kali diluncurkan pada 5 April 2019 dan terakhir update pada 12 Mei 2021 lalu. Setelah update, animetv telah mencapai versi 1.43.

KIKU Group yang merupakan developer animetv sukses menarik banyak perhatian. Tercatat ada lebih 1 juta kali unduhan dengan nilai 4,1 bintang. Meskipun ratingnya sendiri hanya 3+ dengan 5 ribu ulasan.

Dari sisi koleksi, animetv sebenarnya memiliki banyak judul. Salah satu yang sangat ditunggu-tunggu adalah One Piece. Manga karya Oda Sensei ini bukan hanya sukses di mangan, tetapi juga anime.

Selain itu, sebenarnya ada banyak lagi yang bisa kamu tonton. Black Clover, Tensei Shitara Slime Datta Ken, dan sebainya juga bisa ditonton di sini. Jadi dijamin kamu akan sangat puas.

4. Anime Movie-Unofficial

Aplikasi nonton anime selanjutnya adalah Anime Movie-Unofficial. Pertama kali diluncurkan pada 20 Januari 2020 lalu dan kemudian melakukan update 9 Februari 2021. Saat ini aplikasi tersebut telah mencapai versi 7.5.

Ukurannya cukup kecil, yaitu sekitar 7,8 MB. Namun, sudah ada lebih dari 1 juta kali unduhan dengan 57 ribu ulasan. Nilainya juga cukup sempurna dengan menyentuh angka 4,6.

Dari sisi rating, aplikasi ini memiliki rating sebanyak 16+. Sangat wajar memang mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Apalagi koleksinya yang sangat banyak dari berbagai genre dan tahun.

Kamu bisa nonton anime Naruto Shippuden dengan menggunakan aplikasi ini. Jangan khawatir dengan kualitas gambarnya. Di sini kamu bisa memilih untuk streaming dengan resolusi HD atau yang lainnya.

Selain streaming, kamu juga bisa mengunduhnya. Mengunduh video memang cukup menguntungkan bagi beberapa orang. Apalagi jika ingin menontonnya ketika dalam keadaan offline atau hanya ingin mengoleksinya saja.

5. Anime Channel

Jika kamu ingin nonton anime Naruto Shippuden lengkap dari episode pertama, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan. Meskipun anime sudah selesai, tetapi masih banyak orang yang ingin bernostalgia.

Pertama kali diluncurkan pada 17 Juli 2020 oleh VU ID Group dan kemudian melakukan update pada 27 Mei 2021 lalu. Ukurannya sendiri cukup kecil, yaitu 9,25 MB.

Sudah ada lebih dari 100 ribu unduhan dengan rating 3+. Selain itu, sudah ada 15 ribu ulasan dengan nilai 4,3. Meskipun kurang populer, tetapi koleksinya sangat beragam.

Salah satu kelebihannya adalah mampu memberikan berbagai alternatif resolusi. Aplikasi nonton anime ini juga cukup sering melakukan update episode. Jadi kamu akan selalu mendapatkan notifikasi ketika ada update terbaru.

Notifikasi ini cukup penting bagi setiap orang. notifikasi akan mengingatkan bahwa sudah ada update episode baru. Jadi kamu bisa langsung menontonnya untuk menghilangkan rasa bosan.

Baca Juga: 27+ Situs Baca Manga Komik Online Terbaik Bahasa Indonesia Paling Populer (2021)

6. AnimeIndo

Dikembangkan oleh Onenrico Development dan meluncur pada 3 Februari 2020 lalu. Terakhir update adalah pada 1 Juni 2021 lalu dengan membawa beberapa fitur terbaru dan perbaikan sistem.

Secara keseluruhan, animeindo memiliki ukuran 4,3 MB dan sudah diunduh sebanyak 500 ribu kali. Sudah ada 50 ribu ulasan dengan nilai 4,5 serta rating 7+.

Beberapa fitur terbarunya adalah adanya kategori pada anime. Beberapa informasi tambahan juga diberikan seperti kelengkapan genre, berita, notifikasi, hingga bookmark. Ada juga fitur lain berupa riwayat menonton untuk memudahkan pengguna.

Ukurannya yang kecil membuat banyak orang mengunduhnya. Apalagi koleksinya lebih lengkap dari pada aplikasi sejenis. Bahkan, terkadang kamu bisa menemukan genre yang tidak ada di aplikasi lain.

Banyak sekali koleksi dari kartun khas Jepang populer. Sebut saja Tokyo Revengers, Nanatsu no Taizai, Shingeki no Kyojin, dan masih banyak lagi. Dijamin bisa memberikan hiburan pada saat waktu senggang.

7. Anime View Official

Aplikasi nonton anime selanjutnya dikembangkan oleh Nonime.id pada 12 April 2020 lalu. Update terakhir dilakukan pada 12 Oktober 2020 lalu dengan membawa perubahan baru, salah satunya adalah perbaikan iklan.

Meskipun baru mendapatkan sekitar 100 ribu unduhan, tetapi nilai dan ratingnya cukup memuaskan. Nilainya sendiri adalah 4,3 dari 25 ribu ulasan dengan rating sebesar 12+.

Menariknya, aplikasi ini tidak hanya menyediakan anime saja. Kamu bisa menjumpai Donghua, yaitu kartun khas China. Jadi akan ada banyak alternatif yang bisa kamu nikmati setiap saat.

Secara total, ada sekitar 40 ribu lebih judul yang bisa kamu nikmati. Apalagi, server yang dipakai memiliki kecepatan di atas rata-rata. Itulah mengapa update terakhir ada pada 2020 lalu.

Pada update terakhir, beberapa perbaikan dilakukan oleh developer. Perbaikan iklan, perbaikan history, dan perbaikan genre adalah beberapa diantaranya. Ada juga perbaikan pada fitur episode search pada anime list.

8. Samehadaku

Setelah update besar-besaran pada 18 Mei 2021 lalu, Samehadaku menjadi lebih stabil. Sebelumnya, bugs pada fitur direct download dan bugs fitur comment sering mengganggu pengguna.

Untuk saat ini, Samehadaku telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dengan nilai 3,9. Untuk ratingnya sendiri adalah 16+ dengan keterangan khusus. Sedangkan ukurannya adalah sebesar 14 MB.

Sebenarnya, Samehadaku adalah sebuah website penyedia streaming anime online. Namun, pada 25 November 2020 diluncurkan sebuah aplikasi untuk memudahkan penonton. Jadi bisa langsung menikmatinya secara gratis.

Koleksi Samehadaku sendiri juga sangat banyak. Bahkan, beberapa kartun khas Jepang yang baru rilis di TV Jepang bisa kamu nikmati di sini. Update episode juga cukup cepat.

Tidak heran jika Samehadaku menjadi salah satu aplikasi nonton anime yang sangat direkomendasikan. Kualitas gambar juga sudah baik sehingga penonton tidak aan kecewa. Apalagi dengan adanya resolusi HD yang dibawanya.

9. 4Anime

4Anime menjadi salah satu aplikasi nonton anime yang cukup direkomendasikan. Diluncurkan oleh 1Anime pada 9 Februari 2021. 4Anime memang terbilang baru jika dibandingkan aplikasi sejenisnya.

Ukurannya sendiri hanya 6,3 MB dan karena itulah sudah ada sekitar 10 ribu unduhan. Nilainya sendiri sebenarnya cukup baik, yaitu 2,8 dengan rating sebesar 12+.

Salah satu yang menarik dari 4Anime adalah fitur auto play next episode dan continue last episode. Fitur tersebut akan membuat kamu bisa menikmati episode selanjutnya secara otomatis tanpa perlu klik.

Menariknya, di sini kamu bisa menemukan kartun khas Jepang dengan tipe movies. Dukungan server cepat juga sangat membantu setiap orang. Terutama kemampuannya untuk mensupport setiap bentuk perangkat, termasuk tablet.

Sayangnya, 4Anime kurang populer di mata pecinta kartun Jepang. Alasannya adalah kebanyakan menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Sedangkan kebanyakan orang lebih menyukai subtitle Bahasa Indonesia supaya mudah dipahami alur ceritanya.

10. Gi Movie

Diluncurkan pertama kali oleh Gi Dev pada 25 November 2019. Sejak saat itu, Gi Movie telah mendapatkan lebih dari 100 ribu unduhan. Nilainya sendiri juga cukup memuaskan, yaitu 4,0.

Ratingnya sendiri adalah 3+ dengan ukuran Gi Movie sebesar 15 MB. Meskipun begitu, Gi Movie sangat populer bagi pecinta kartun Jepang. Apalagi fiturnya mudah dipahami oleh orang lain.

Kelebihan Gi Movie sendiri adalah memiliki banyak anime list. Update episode juga dilakukan setiap hari sesuai jadwal. Kamu bisa mengaktifkan notifikasi untuk mengetahui update harian Gi Movie.

Sayangnya, Gi Movie merupakan aplikasi yang tidak resmi. Tidak ada dukungan dan sponsor dari pihak manapun terhadap Gi Movie. Aplikasi ini muncul dari buah karya penggemar kartun Jepang.

Hadirnya beberapa aplikasi, baik yang resmi maupun tidak sebenarnya memberikan banyak bantuan. Apalagi kartun Jepang ini sangat populer. Jadi aplikasi nonton anime sangat dibutuhkan setiap orang.

Leave a Comment