Jenis Format Gambar Paling Banyak Digunakan, Apa Saja?

Terdapat banyak sekali jenis format gambar, terutama seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Masing-masing ekstensi mempunyai fungsi, manfaat, kelebihan, bahkan kekurangan masing-masing, sehingga penting sekali untuk diketahui.

Penggunaan ekstensi file dipilih berdasarkan kebutuhan dan kegunaannya, misalnya untuk keperluan website maka JPEG merupakan pilihan terbaik. Karena JPEG mampu menampilkan hasil berkualitas dengan ukuran relatif kecil.

Beda cerita lagi apabila kamu ingin mencetak sebuah spanduk atau baliho, maka gambar perlu disimpan dalam bentuk tertentu. Tujuannya supaya tidak rugi, karena salah menentukan format akan berdampak besar.

Penentuan ekstensi file sangat berperan penting bagi para desainer, fotografer, serta profesi yang berhubungan dengan graphics. Sangat penting untuk mengetahui perbedaan serta kegunaannya agar dapat dieksekusi secara tepat.

Jenis Format Gambar Paling Banyak Digunakan

Kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa macam image format saja, padahal kenyataannya terdapat banyak sekali jenis yang perlu diketahui. Penggunaannya tentu disesuaikan dengan berbagai macam keperluan, terutama untuk desain dan fotografi.

Jenis Format Gambar Paling Banyak Digunakan

1. GIF (Graphics Interchange Format)

Saat ini semua orang bisa mengirim foto bergerak berbentuk sticker di media sosial. Image tersebut umumnya menggunakan format gif, paling banyak digunakan dalam pembuatan animasi, namun berbeda dengan video.

2. TIFF (Tagged Image File)

TIFF menjadi salah satu bentuk paling unik, menampilkan hasil mirip dengan foto dari kamera. Keberadaan TIFF atau Tagged Image File masih jarang ditemui secara umum, namun sering digunakan para fotografer.

3. PSD (Photoshop Document)

Siapa yang belum tahu tentang Photoshop? Pasti hampir semua orang sudah mengenal aplikasi editor foto paling populer ini, sekarang bisa dijalankan di jenis komputer apapun di seluruh dunia.

PSD merupakan salah satu format gambar yang digunakan dalam software ini. PSD atau Photoshop Document menyediakan berbagai informasi mengenai sebuah foto serta otomatis tersimpan setelah mengedit dalam software.

4. PDF (Portable Document Format)

Siapa bilang Portable Document Format hanya untuk dokumen berbentuk tulisan saja? Padahal PDF juga dapat disebut sebagai gambar dari bentuknya, bahkan masih bisa diakses dalam software editing.

5. RAW (RAW Image Format)

RAW merupakan bentuk asli (original) dari sebuah foto, misalnya saat menggunakan jepretan kamera, maka secara otomatis akan tersimpan dalam bentuk RAW. Namun jangan khawatir, RAW bisa dikonversikan menjadi format lain.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Format Gambar JPG

Joint Photographic Expert Group merupakan salah satu jenis file bitmap untuk menyimpan berkas secara digital namun dengan ukuran relatif kecil sehingga hemat penyimpanan. Dikembangkan pada 1980 tidak membuat eksistensinya luntur.

Siapapun baik amatir maupun profesional menggunakan ekstensi berkas ini, hampir mirip dengan JPG. Joint Phoographic Expert Group memungkinkan seseorang melakukan kompresi untuk mengecilkan ukuran sehingga tidak boros tempat.

Ekstensi JPEG mempunyai beberapa kelemahan berkaitan dengan dukungan kompresinya. Namun karena dukungan kompresinya kurang, proses penyimpanan menjadi lebih mudah memuat dalam jumlah relatif lebih banyak.

Karena dukungan kompresi gambar dalam rasio besar, format ini sering digunakan menggunakan analisis DCT (Discrete Cosine Transform). Dengan kata lain, semakin tinggi kompresi, kualitas akan menurun.

Berbeda dengan GIF (Graphics Interchange Format) yang mendukung lossless compression, JPEG akan kehilangan kualitasnya jika sudah melewati tahap kompresi. Sehingga jika kamu memerlukan kualitas bagus setelah kompresi, jangan berharap banyak.

Mengenai dukungan kompresi, sekilas mengingatkan tipe berkas RAW atau mentah alias belum melewati tahapan apapun. Tipe berkas RAW mempunyai ukuran jauh lebih besar namun kualitasnya tidak main-main.

JPEG menjadi salah satu jenis format gambar paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia, karena banyak keunggulan yang akan kamu dapatkan. Salah satunya sangat direkomendasikan digunakan pada gambar berkualitas tinggi.

JPEG memiliki tingkat brightess atau kecerahan serta kejernihan cukup baik. Tidak hanya itu, tipe berkas ini selain bisa dikompresi juga mendukung proses dekompresi secara bertahap dari kasar hingga sangat detail.

Kamu juga dapat menyimpan video digital dalam tipe berkas JPEG menggunakan M-JPEG, serta bisa diakses dalam hampir semua program sistem operasi komputer. Tipe berkas JPEG bersifat accessible di semua software.

Mengenal Jenis Format Gambar PNG Lebih Dekat

PNG (Portable Network Graphic) merupakan inovasi beberapa anggota Usenet Newsgroup, dimulai pada tahun 1995. Kelompok Usenet Newsgroup terdiri dari ilmuwan komputer, ahli imu komputer, serta insiyur.

Latar belakang terciptanya jenis format gambar PNG adalah bentuk respon terhadap algoritma kompresi data LZW, sering digunakan dalam GIF yang dipatenkan Unisys. Pada saat itu, PNG menjadi pilihan alternatif gratis.

Format GIF hanya mendukung 256 spektrum warna, banyak orang berpendapat dukungan tersebut kurang menarik jika ditampilkan dalam komputer. Adanya ekstensi berkas PNG diharapkan memusnahkan keterbatasan itu.

Image berekstensi GIF hanya mendukung pixel buram atau transparan seluruhnya, sedangkan PNG mendukung transparansi channel 8 bit. Akibatnya, format Portable Network Graphic memungkinkan gradasi dari buram ke transparan.

Portable Network Graphic mempunyai beberapa fitur penting, salah satunya gamma correction untuk menghindari tampilan berbeda saat dibuka melalui komputer berbeda. Gamma correction secara otomatis akan beradaptasi dengan operating system.

Selain itu, terdapat fitur lain berupa alpha channel atau lapisan khusus yang berfungsi mengontrol transparansi pixel. Adanya fitur alpha channel memungkinkan penyesuaian dalam berbagai tingkat transparansi.

Portable Network Graphic merupakan salah satu format disertai banyak kelebihan, namun penggunaannya tetap saja harus disesuaikan dengan kondisi tertentu. Terkadang ukurannya malah terlalu besar sehingga mempersulit beragam aktivitas.

Penggunaan jenis format gambar PNG dapat ditemui dalam foto yang disertai line art, seperti ilustrasi ataupun komik, serta pindaian teks dari tulisan tangan. Logo atau sketsa juga menggunakan ekstensi ini.

Software Pengubah Jenis Format Gambar Terbaik

Image converter merupakan jenis pengkonversi berkas dari satu format ke bentuk lainnya, misalnya JPG, JPEG, TIFF, serta BMP. Jika kamu menginginkan berkas dapat diakses dimana saja, maka gunakanlah software sejenis.

1. CoolUtils Online Image Converter

Software ini dapat digunakan secara online, tentunya membutuhkan akses ke jaringan internet di komputer kamu. Tidak perlu mengisi formulir email, hasil konversi akan didapatkan secara real time.

2. YouConvertIt

Pengguna tinggal mengunggah gambar asli, pilih format yang ditentukan, lalu tunggu email balasan berupa link menuju hasil konversi. YouConvertIt menyediakan layanan secara online, sehingga dapat diakses kapan saja.

3. Zamzar

Zamzar merupakan salah satu software pendukung proses converting secara online berformat apa saja, bahkan beberapa CAD. Hampir semua jenis ekstensi berkas dapat dikonversi menggunakan Zamzar secara mudah.

4. Adapter

Adapter menyediakan dukungan konversi image berformat populer misalnya JPG, PNG, TIFF, GIF, serta BMP. Pengguna hanya tinggal melakukan drag and drop ke dalam queue list sebelum memproses.

5. PixConverter

PixConverter tersedia tanpa harus melakukan pembayaran, alias gratis digunakan siapa saja. Software ini mendukung konversi secara batch, atau konversi sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga mempercepat pekerjaan kamu.

Adanya software berupa image converter sangat memudahkan profesi seperti editor melakukan pekerjaannya. Jenis format gambar harus ditentukan serta disesuaikan dengan kebutuhan dalam berbagai aktivitas di segala pekerjaan.

Leave a Comment