5+ Alasan Kerja di Startup Cocok untuk Kamu

Kebanyakan orang akan bekerja pada sebuah perusahaan ternama dan memiliki gaji yang sangat besar merupakan sebuah pilihan paling aman yang menjadi anggapan umumnya. Selain itu, perusahaan yang besar tersebut memiliki sebuah konsistensi pada pekerjaan para pelamar yang paling banyak dicari oleh mereka. Tentu saja, hal ini membuat tidak sedikit orang yang menaruh harapan karir mereka dalam sebuah perusahaan besar ketimbang melamar kerja di startup.

Akan tetapi, saat ini para pencari kerja akan dituntut untuk lebih kreatif dalam semua bidang pekerjaan yang akan dilakoninya, sebab banyak sekali lapangan kerja yang mengharuskan hal itu.

Alasan tersebut kerap membuat para calon pekerja baik itu dari orang kalangan atas maupun di bawahnya untuk tidak melihat perusahaan tersebut besar atau tidak, maupun nama dari tempat nantinya mereka bekerja. Banyak sekali perusahaan startup membuka lowongan kerja terutama untuk para orang yang siap bekerja. Selain itu, tidak sedikit alasan yang dapat kamu jadikan pegangan saat kerja di startup untuk kedepannya.

Berikut alasan-alasan mengapa kamu tepat bekerja di perusahaan startup.

Alasan Bekerja di Startup

Banyak sekali alasan mengapa kamu harus kerja di startup. Tidak sedikit manfaat yang kamu peroleh dari perusahaan ini. Tentunya sangat cocok bagi para pemuda yang ingin mengembangkan kemampuan yang tiada batasnya.

1. Kontribusi yang diperhatikan

Saat kamu sudah memulai karir dalam sebuah perusahaan startup, tentunya telah mulai memberikan sebuah dampak baik bagi diri sendiri maupun perusahaan yang hendak ditempati tersebut. Memang jumlah karyawan di perusahaan ini terbilang cukup kecil dibanding dengan perusahaan besar.

Akan tetapi, setiap kontribusi yang kamu upayakan untuk startup ini akan sangat berarti besar. Apabila kamu memiliki kontribusi yang baik, pastinya akan membuat perusahaan tersebut meningkat dan siap untuk bersaing dengan perusahaan lainnya. Namun, bila sebaliknya, akan berdampak pada reputasi perusahaan dalam memperoleh kerugian.

2. Penuh dengan inovasi

Apabila kamu memiliki banyak sekali ide-ide menarik dalam sebuah pekerjaan, tentunya kerja di startup akan sangat cocok dengan hal tersebut. Meskipun terlihat beresiko, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan selama dengan batasannya. Apabila ide-ide tersebut, pastinya setiap individu akan bekerja sama dengan lainnya untuk meraih tujuan bersama

Tentunya semakin banyak inovasi yang kamu sumbangkan pada perusahaan, akan semakin cepat perusahaan tersebut berkembang. Karena kelebihan dari perusahaan startup adalah memberikan ruang kepada pekerjanya untuk terus berimproviasasi agar meraih apa yang diinginkan. Bahkan hampir semua perusahaan ini akan menaikkan karir kamu apabila ide tersebut berhasil dan menjadi sebuah terobosan baru di sana.

3. Rekomendasi yang selalu berjalan

Rekomendasi yang selalu berjalan yang dimaksud saat kamu kerja di startupadalah banyak sekali menemui orang-orang baru nantinya. Banyaknya hubungan terjalin antara klien satu dengan yang lainnya. Apabila kamu memiliki reputasi yang baik saat menjalankan sebuah usaha, tentunya akan semakin mudah kamu memiliki berbagai macam kesempatan untuk masuk ke industri lainnya.

4. Hak istimewa

Berbagai macam fasilitas yang dapat kamu nikmati saat kerja di startup. Banyak sekali hal-hal baru yang akan kamu temui dengan menggunakan fasilitas tersebut. Terutama saat kamu memperoleh sebuah kerjasama dengan beberapa klien, tentunya dapat menjadi sebuah pembanding untuk dirimu sendiri supaya bisa bekerja dengan lebih baik lagi, seperti halnya jenjang karir.

5. Terus berkembang

Tidak mudah puas saat mencapai sebuah target adalah sebuah motto yang harus ada saat kamu kerja di startup. Banyak sekali target-target yang harus dikembangkan saat setelah menyelesaikannya. Inovasi demi inovasi akan selalu terpikirkan untuk menjadi lebih baik. Apalagi setelah kamu berhasil membuat gebrakan baru, pastinya akan dituntut untuk memperoleh sesuatu yang lebih baru dan itu akan berdampak pada pemikiranmu.

6 Pengalaman sebelum membuka usaha

Apabila kamu pertama kali bekerja di perusahaan startup, harusnya selalu bersyukur diterima di tempat tersebut. Banyak sekali hal-hal baru yang dapat dipelajari dalam membangun sebuah perusahaan kecil yang berusaha berkembang menjadi besar.

Tidak sedikit kegiatan yang akan kamu lihat dan kerjakan di perusahaan startup ini. Kamu akan dituntut untuk dapat melakukan itu semua karena jumlah anggota yang minim tidak sebesar di perusahaan konvensional. Pastinya dengan mempelajari bagaimana sistem itu berjalan, tentunya akan memperoleh pandangan untuk membuka sebuah usaha sendiri. 

Dampak Bekerja di Startup

Banyak sekali perbedaan yang kamu rasakan saat bekerja di perusahaan startup maupun perusahaan besar. Perbedaan-perbedaan berikut tentunya akan membawa dampak sendiri bagi kamu yang menjalaninya baik itu positif maupun negatif.

1. Efek untuk perusahaan dan diri sendiri

Saat kamu memulai dan berkarya dalam sebuah perusahaan startup, tentunya memiliki dampak yang sangat dirasa. Apabila kamu berkontribusi pada perusahaan dengan sangat baik, tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri dan melahirkan sebuah terobosan baru yang layak untuk disumbangkan di tempat kerjamu.

2. Pergerakan jabatan

Karena kecilnya jumlah pekerja yang ada di perusahaan startup, tentunya akan terdapat sedikit persaingan pekerja untuk memperoleh kenaikan jabatan. Kamu akan mengalami kesusahan mengenai hal ini saat bekerja di perusahaan besar.

Tentu saja untuk memperoleh jenjang karir ke langkah berikutnya, yang dibutuhkan adalah kontribusi atau performa yang sangat baik. Berbeda halnya dengan perusahaan konvensional yang harus mengikuti beberapa peraturan-peraturan yang berlaku dengan waktu yang sangat lama.

3. Membentuk pola pikir

Lingkungan akan membangun sebuah pola pikir dan pergaulan pada diri sendiri. Lingkungan kerja pada perusahaan akan lebih memberi warna karena banyak sekali hal-hal yang dapat kamu eksplor. Dari segi orbrolan yang begitu random, gaya hidup (lifestyle), maupun kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Saat kerja di startup, kamu akan menemukan banyak sekali  informasi-informasi mengenai beberapa hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan antara satu dengan yang lainnya. Karena kebanyakan startup lebih memilih pekerja yang masih muda dan memiliki pemikiran maju dan membuat pekerjaan tidak mudah jenuh.

4. Lebih kreatif

Karena perusahaan baru, tentunya saat kerja di startup membutuhkan sebuah pemikiran atau ide-ide kreatif yang diperlukan oleh perusahaan agar lebih berkembang. Selain itu kamu juga akan dituntut untuk menjadi orang yang memiliki sifat out of thebox, yang artinya pemikiran harus diluar yang semestinya.

Hal ini akan sangat berbeda ketika bekerja di perusahaan konvensional. Kamu akan hanya bekerja sesuai tata cara perusahaan tersebut tanpa harus mengeluarkan apa yang sedang ingin diungkapkan mengenai pekerjaan tersebut.

Dari artikel di atas, tentunya kerja di startup memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh kamu yang sdang memulai berkarya di tempat tersebut. Meskipun terbilang cukup berat dalam melakukannya, tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik. Apalagi dengan bekerja di perusahaan ini, dapat memberikan juga kesempatan untuk kamu belajar dalam menjalankan sebuah sistem yang berguna dalam membuka usaha baru.

Leave a Comment