15+ Tips Jitu Memberikan Nama Perusahaan yang Bagus Bagi Bisnis Kamu

Nama dari sebuah bisnis merupakan salah satu hal yang sangat penting kamu. Hal ini disebabkan karena nama perusahaan yang bagus, akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana kemudahan orang-orang mengingat bisnis kamu dan mengenai nilai komersial dari bisnis tersebut.

Kriteria sebuah nama bisnis yang berkualitas

Sebuah nama akan digunakan untuk menggambarkan sifat dari seseorang. Begitu juga dengan nama dari bisnis kamu.

Oleh karena itu untuk membuat sebuah nama bisnis kamu harus tahu bahwa nama bisnis yang baik harus mencerminkan feeling dari band yang kamu miliki.

Selain itu, nama dari bisnis kamu juga harus mudah diingat dan mengingatkan para pegawai kamu mengenai apa yang sedang kamu lakukan atau gol dari bisnis kamu. 

Untuk mendapatkan nama yang baik untuk bisnis kamu bisa menggunakan jasa penamaan yang sudah memiliki profesionalisme yang tinggi dalam membangun nama bisnis yang elegan dan komersial.

Akan tetapi ketika kamu akan menggunakan jasa tersebut dalam membangun nama bisnis, kamu mungkin akan mengeluarkan banyak untuk nama tersebut. 

Dengan menggunakan jasa ini nama yang baru trending sesuai dengan industri mudah diingat dan juga belum di trademark. Akan tetapi jika bisnis Kamu adalah bisnis yang baru, menggunakan agency sebagai jasa pemberian nama tersebut bisa menyulitkan karena biaya yang harus kamu bayar kan tersebut.

Jika kamu tidak memiliki budget untuk membuat sebuah nama yang komersil, maka berikut ini adalah beberapa trik yang bisa mengikuti dalam memberikan nama yang terbaik untuk bisnis kamu.

Menggunakan akronim

Sumber: BBC.co.uk

Salah satu cara yang paling banyak saya lakukan untuk menamai bisnis saya adalah dengan menggunakan akronim.

Penggunaan akronim ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sangat efektif. Pemberian nama berdasarkan akronim ini juga banyak digunakan oleh perusahaan besar hal ini disebabkan karena nama berupa akronim akan lebih mudah diingat daripada nama keseluruhan dari bisnis yang kamu miliki. 

Contohnya adalah AOL yang merupakan singkatan dari America Online dan BBC sebagai singkatan dari British Broadcasting Corporation.

Nama-nama dari perusahaan tersebut memang sangat umum tetapi ketika menjadi singkatan mereka menjadi lebih unik dan lebih mudah untuk diingat konsumen mereka.

Gunakan mash up

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat Nama perusahaan yang unik adalah dengan menggabungkan dua atau tiga kata yang berarti untuk kamu dan bisnis kamu.

Beberapa contoh dari perusahaan yang menggunakan nama gabungan ini adalah TripAdvisor yang menggabungkan kata Trip yang ada di perjalanan dan Advisor berarti penasehat.

Contoh lain dari penggunaan cara pembuatan lama ini adalah Evernote yang merupakan singkatan dari forever dan Note, netflix yang merupakan singkatan dari internet dan flicks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gunakan minta lebih dan literatur sebagai inspirasi

Mitologi dan literatur merupakan salah satu sumber inspirasi untuk banyak bidang salah satunya bisa juga digunakan sebagai inspirasi untuk nama perusahaan yang bagus.

Di dunia bisnis internasional sudah ada banyak sekali brand-brand yang menggunakan nama mitologi dan literatur sebagai nama untuk perusahaan mereka.

Salah satu perusahaan yang menggunakan nama mitologi untuk nama badan mereka adalah Nike.

Nike merupakan salah satu perusahaan olahraga yang paling populer di seluruh dunia akan tetapi perlu kamu tahu bahwa nama dari perusahaan ini merupakan nama yang diambil dari salah satu tokoh mitologi Yunani.

Nama Nike ini merupakan sebuah nama yang diambil dari nama Dewi kemenangan yang ada pada mitologi Yunani. 

Selain itu masih ada banyak lagi perusahaan-perusahaan lain yang menggunakan nama mitologi sebagai nama perusahaan mereka seperti Oracle, Hermes dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi kamu yang ingin juga menggunakan nama-nama mitologi seperti brand-brand terkenal tersebut kamu sebaiknya mencari nama mitologi yang sesuai dengan brand yang kamu miliki. 

contohnya ketika kamu membuat sebuah produk fashion dan juga produk produk lain yang berhubungan dengan kecantikan kamu bisa menggunakan nama seperti Aphrodite yang terkenal sebagai Dewi kecantikan di mitologi Yunani tersebut atau bisa juga menggunakan sistem mash up seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Gunakan nama-nama asing

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk memberikan nama bagi sebuah bisnis adalah menggunakan nama asing. Hal ini disebabkan karena penggunaan nama asing dapat membuat bisnis kamu terkesan lebih eksotik dan lebih memorable untuk konsumen potensial yang kamu miliki. 

contohnya ketika kamu memiliki sebuah bisnis makanan berupa pizza kamu bisa menggunakan bahasa bahasa Italia untuk menamai bisnis kamu.

Jika kamu ingin membuat sebuah Cafe ramen kamu bisa menggunakan bahasa bahasa Jepang untuk membuat nama bisnis kamu lebih menarik dan lebih diminati oleh calon konsumen kamu.

Menggunakan nama kamu sendiri untuk brand kamu

Cara paling mudah ketika kamu ingin memberikan nama kepada bisnis Kamu adalah dengan menggunakan nama kamu sendiri.

Bisnis yang sedang kamu bangun merupakan bisnis kamu sendiri sehingga mengapa kamu tidak berpikir untuk menggunakan nama kamu untuk membangun bisnis tersebut?

Menggunakan nama pribadi untuk membuat sebuah bisnis juga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. contohnya Ben and Jerry’s ice cream , kate spade dan masih banyak contoh yang lainnya.

Gunakan nama daerah kota atau negara sebagai inspirasi nama dari bisnis kamu

Menggunakan nama dari sebuah kota daerah negara atau bahkan landmark merupakan salah satu hal yang cukup unik untuk bisa kamulakukan.

Pernahkah kamu mendengar nama dari sebuah perusahaan e-commerce terbesar di dunia yaitu Amazon?

Ya Amazon memang merupakan salah satu nama perusahaan yang paling besar dan hampir semua orang pernah mendengarnya.

Selain itu, kamu pasti juga tahu bahwa nama Amazon ini merupakan nama yang diambil dari salah satu sungai yang terpanjang yang ada di dunia bukan?

Menggunakan kombinasi dari beberapa kata

Sumber: https://www.dezeen.com/

Penggunaan akronim merupakan salah satu cara membuat dengan mudah dan memorable. A

kan tetapi ketika kamu akan membuat akronim dari nama bisnis kamu, kamu tidak harus selalu membuat nama yang berkesinambungan.

Kamu juga bisa membangun nama perusahaan dengan menggabungkan beberapa kata yang berhubungan dengan produk dan bisnis kamu. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat nama dengan cara teknik ini, maka kamu bisa menggunakan IKEA sebagai contohnya. 

IKEA yang merupakan singkatan dari Ingvar Kamprad dan Elmtaryd Agunnaryd nama ini merupakan nama yang diambil dari founder dari IKEA dan juga kota kelahiran dari founder IKEA tersebut.

Kita bisa tahu bahwa nama IKEA yang merupakan nama yang sangat populer dan sangat mudah untuk diingat.

Akan tetapi nama ini juga sangat mencerminkan brand tersebut sehingga ketika kita mendengar nama IKEA, maka bayangan mengenai bisnis yang berhubungan dengan furniture dan rumah tangga langsung terngiang di pikiran kita.

Berpartner dengan perusahaan selain

Ketika perusahaan kamu merupakan perusahaan gabungan antara perusahaan kamu dengan perusahaan lain, maka salah satu cara yang paling baik untuk memberikan nama pada bisnis Kamu adalah dengan menggabungkan nama dari perusahaan tersebut.

salah satu contoh nama perusahaan yang menggunakan nama gabungan ini adalah perusahaan 20th Century Fox. Nama perusahaan ini merupakan nama gabungan dari perusahaan Twentieth Century Picture dan perusahaan Fox Film Corporation.

Kamu pasti tahu bukan bahwa nama ini merupakan nama yang sangat populer dan sangat ikonik?

Menggunakan nama kecil kamu sebagai nama bisnis kamu

Hal yang bisa kamu lakukan untuk melalui bisnis Kamu adalah dengan menggunakan nama kecil kamu. Ketika kamu kecil kamu pasti banyak mendapatkan julukan baik dari orang tua atau orang-orang di sekitar kamu bukan?

Jika nama ini cukup komersial yang bakal terjadi ketika menggunakan nama ini untuk nama bisnis.

Menggunakan nama anak kamu sebagai nama bisnis

Menggunakan nama anak sebagai nama bisnis merupakan salah satu hal yang cukup populer juga dalam penamaan sebuah bisnis. Ada cukup banyak juga perusahaan yang menggunakan nama anak mereka sebagai nama dari bisnis mereka.

Salah satunya adalah Mercedes-Benz yang menggunakan nama Mercedes yang berasal dari nama anak perempuan dari founder perusahaan tersebut.

Menggunakan simbol atau logo yang kamu miliki

Jika kamu sudah memiliki logo untuk perusahaan kamu tapi kamu belum menemukan nama yang tepat untuk perusahaan tersebut, maka kamu juga bisa menggunakan logo atau simbol perusahaan kamu sebagai inspirasi. 

selain menggunakan logo untuk menggunakan elemen elemen esensial dari pekerjaan kamu ketika akan membuat nama untuk bisnis.

Salah satu contoh penamaan bisnis dengan menggunakan simbol ini adalah misalnya kamu memiliki sebuah perusahaan mebel yang terbuat dari bahan kayu, maka kamu bisa menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kayu dan hal-hal natural serta aspek-aspek yang berhubungan dengan konsep furnitur yang kamu miliki. 

contohnya ketika kamu menggunakan konsep minimalis, maka kamu bisa menggunakan nama bisnis yang berhubungan dengan konsep minimalis baik menggunakan bahasa asing menggunakan nama minimalis itu sendiri dan menggunakan kata-kata lain yang berhubungan.

Gunakan kalimat deskriptif

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan nama pada bisnis kamu adalah dengan membuat nama dengan kesan yang deskriptif.

Memberikan nama dengan cara deskriptif ini merupakan salah satu cara yang paling mudah bagi kamu dan konsumen kamu.

Kamu bisa memberikan nama dengan mudah berdasarkan deskripsi bisnis yang kamu miliki sehingga konsumen Kamu akan lebih mudah mengenali dan mengingat nama dari bisnis yang kamu bangun tersebut. Salah satu contoh dari nama bisnis yang menggunakan bahasa deskriptif ini adalah 7-Eleven.

Nama ini di ambil dari waktu operasional dari bisnis tersebut yaitu dari jam 7 pagi Hingga jam 11 malam setiap harinya. Nama ini merupakan nama yang mudah diingat sekaligus dapat membuat konsumen menjadi lebih familiar dengan jam operasional dari bisnis tersebut.

Menggunakan bahasa latin

Menggunakan bahasa asing yang berhubungan dengan visi yang akan kamu bangun merupakan salah satu hal yang menarik untuk dilakukan.

Akan tetapi jika kamu bingung mengenai nama apa yang cocok atau nama apa yang belum digunakan, maka kamu bisa menggunakan bahasa Latin. 

Bahasa Latin merupakan salah satu bahasa yang unik dan bisa digunakan untuk memberikan nama yang komersial untuk bisnis kamu bahasa Latin juga merupakan sebuah bahasa yang cukup banyak digunakan pada brand-brand yang sudah profesional dalam pembangunan fisik mereka. 

contohnya adalah perusahaan Volvo yang menggunakan bahasa Latin yang berarti I Roll dan Acer yang berarti Sharp dan Able. Jika kamu ingin menggunakan nama lain kamu bisa mencari kata-kata yang berhubungan dengan bisnis kamu dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Latin ini.

Lihat produk kamu dari sudut yang berbeda

Salah satu cara yang paling baik digunakan untuk memberikan nama kamu adalah dengan melihatnya dari produk kamu sendiri.

Kamu bisa melihat kembali produk yang kamu miliki dan mencari inspirasi dari produk tersebut bayangkan. Apakah produk yang kamu keluarkan ini memiliki penampilan atau tampakan yang mengingatkanmu pada benda lainnya?

Cara penamaan seperti ini juga sudah banyak digunakan untuk produk perusahaan yang cukup populer. Salah satunya adalah perusahaan BlackBerry.

Produk yang dimiliki oleh ponsel Ponsel BlackBerry memang mirip dengan buah blackberry sehingga namanya digunakan untuk merepresentasikan produk tersebut.

Nama dari perusahaan ini juga sangat mudah untuk diingat sehingga kamu juga bisa mencoba cara ini dalam memberikan nama untuk produk dan kamu.

Gunakan teknik spelling

Teknik spelling adalah sebuah teknik yang digunakan dengan mengubah ejaan yang digunakan dalam sebuah kata agar dapat memiliki kesan ucapan yang sama tetapi memiliki ejaan yang berbeda.

Ketika kamu menggunakan teknik ini kamu bisa mengambil salah satu kata dari bahasa asing atau bahasa kamu sendiri yang memiliki arti dan makna sesuai dengan bisnis dan produk yang sedang kamu kembangkan.

Setelah itu kamu bisa mengubah ejaan dari kata tersebut sehingga bisa menghasilkan nama-nama yang menarik. Salah satu contoh dari penggunaan teknik ini dalam pemberian nama adalah nama yang dimiliki oleh perusahaan Reebok.

Nama brand yang bagus ini merupakan nama yang diambil dari kata rhebok yang berasal dari Bahasa Afrika

Ambil nama secara asal dari kamus

Terkadang nama sebuah brand tidak harus memiliki arti yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. salah satu contohnya juga sudah disebutkan sebelumnya yaitu nama ideal yang diambil dari nama pendiri dari perusahaan tersebut dan juga kota kelahiran dari founder perusahaan tersebut.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan nama-nama lain yang mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan brand yang kamu miliki dan makna dari kata tersebut. 

Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang unik menarik mudah diingat tapi memiliki kesan yang dengan perusahaan yang sedang kamu bangun. Kamu juga bisa mengambil kata-kata yang Anda dapatkan dari kamus, baik itu kamus bahasa Indonesia bahasa Jawa bahasa lokal lainnya maupun bahasa asing yang menurut kamu menarik. 

Tetapi pastikan kata-kata yang kamu ambil tersebut memiliki kesan yang cukup mirip dengan produk yang akan kamu tawarkan. Akan sangat membingungkan ketika kamu menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan dan yang kamu miliki karena konsumen akan menjadi sulit untuk membayangkan seperti apa brand yang kamu miliki.

Contohnya ketika kamu akan membuat sebuah brand dengan kesan yang minimalis, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan nama perusahaan yang bagus yang memiliki kesan lebih simpel dibandingkan nama-nama yang memiliki kesan yang kompleks atau personil yang lucu atau kawaii.

Leave a Comment