Simak Sejarah Pizza Hut, Franchise yang Berhasil Mempunyai Ribuan Cabang

Makanan cepat saji seperti pizza telah beredar cepat di kalangan masyarakat luas. Selain karena rasanya yang enak, pembuatannya pun relatif dalam waktu singkat sehingga bisa langsung disantap. Berbicara mengenai pizza selalu lekat dengan sebuah brand pizza hut. Namun apakah kamu tau bagaimana sejarah pizza hut berdiri?.

Pizza itu sendiri berasal dari Italia lalu dihidangkan oleh para koki yang kemudian dipasarkan secara luas sampai dikenal oleh banyak negara seperti sekarang ini.

Pizza adalah adonan yang dibuat dalam bentuk silinder dan diberi topping bermacam-macam berupa keju, sosis, jamur, dan lain sebagainya yang nantinya dicampur dengan saus tomat serta mayonnaise. Adonan tersebut nantinya akan dioven sampai warnanya berubah kecoklatan.

Lumayan banyak kandungan gizi di dalam pizza, tidak heran orang-orang memfavoritkan makanan ini. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, perhatikan sejarah Pizza Hut di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam.

Sejarah Pizza Hut Ditinjau dari Latar Belakang dan Konsep

Latar Belakang Sejarah Berdirinya

Nama merek dagang Pizza Hut pastinya sudah familiar di dengar telinga. Restoran yang didirikan oleh dua bersaudara ini berpusat di Amerika yang kemudian berkembang menjadi waralaba besar dan mendunia. Untuk mencapai kesuksesan ini ada lika-liku perjalanan yang tidak mulus. Siapa saja harus berusaha apabila menginginkan sesuatu.

Awalnya usaha ini didirikan pada tahun 1958 tepatnya bulan Juni oleh dua bersaudara laki-laki yaitu Frank Carney dan Dan Carney. Keduanya saat itu masih berstatus mahasiswa di Universitas Negeri Wichita atau sering dikenal dengan wilayah Kansas.

Di sinilah awal mula sejarah Pizza Hut dimulai. Setelah keinginan membuka toko pizza menggebu-gebu ingin segera direalisasikan, keduanya memakai modal yang dipinjam dari ibunya. Sebagai awalan, mulailah riset mencari tempat strategis yang sekiranya mendatangkan banyak pengunjung.

Akhirnya berkat bantuan mitranya yang tak lain adalah Brender, ketiganya menemukan sebuah bangunan yang dianggap cocok digunakan sebagai kedai. Bangunan tersebut beralamat di pusat kota Wichita dan lebih tepatnya jalan South Bluff. Beruntung, banyak pelanggan yang tertarik untuk datang dan menyicipi rasa pizzanya. Tidak sedikit yang mengantri karena cita rasa Pizza Hut memang sedap.

Bangunan yang akan dijadikan sebagai kedai pertama tersebut didesain oleh arsitek Chicago George. Baru setahun setelahnya, Carney bersaudara membuka waralaba sekitar enam restoran dalam jangka setahun.

Lalu pada tahun-tahun berikutnya juga semakin bertambah banyak cabangnya. Beberapa negara yang menjual Pizza Hut antara lain Indonesia, Norwegia, Korea Selatan, Singapura, Kanada, Jepang, Vietnam, Thailand, Chili, Brasil, Finladia, dan masih banyak negara lainnya yang belum disebutkan. Jadi, kamu sudah pernah makan belum pizza ini?

Biografi Pendiri Pizza Hut

carney bersaudara pendiri pizza hut
sumber: https://thesunflower.com/

Tentu saja sebuah usaha sukses yang  dibangun dari jerih payah oleh orang dibalik layar. Seperti yang sudah disinggung tadi dalam sejarah Pizza Hut, pendiri Pizza Hut tak lain ialah Carney bersaudara. Sang kakak Dan lahir pada tahun 1931 dan berjarak 7 tahun dari kelahiran adiknya Frank pada tahun 1938.

Keduanya masuk ke perguruan tinggi yang sama dan berinisiatif membuka usaha dengan modal awal yang tidak seberapa banyaknya. Siapa sangka akhirnya produk pizza hut tersebut bisa menyebar luas terkenal seperti ini. Semuanya dibangun dari titik 0 hingga berkembang sebesar ini. Kala itu, franchise sedang marak dijual sehingga peminatnya cukup tinggi. Banyak orang yang menyukai pizza ini karena rasanya sedap dan ramah di kantong.

Asal Usul Pemberian Nama Pizza Hut

Restoran pertama pizza hut

Usai menemukan bangunan yang pas untuk membuka usaha pizza, Frank Carney dan Dan Carney kebingungan masalah nama apa yang sekiranya cocok. Dalam sejarah Pizza Hut, dahulu salah satu distributor produk memberikan secara cuma-cuma papan tanda yang dapat digunakan sebagai pengenal nama.

Pada saat itu hanya tersedia 5 huruf di atas papan dan bawahnya terdiri dari 3 huruf. Jadi, perlu memikirkan kata yang hanya terdiri dari 3 huruf tersebut karena bagian atasnya sudah diisi Pizza.

Gaya bangunannya yang kuno dan terkesan tradisional seperti gubuk membuat Beverly yang notabene adalah istri Dan Carney mempunyai ide cemerlang. Dia menyarankan nama hut sebagai akhiran sehingga menyesuaikan bentuk bangunannya. Agar tidak salah paham, bahasa inggris gubuk adalah hut. Gabungan keduanya akan menghasilkan nama Pizza Hut yang sampai sekarang masih dipakai.

Sejarah Pizza Hut berkembang pesat pada tahun berikutnya yaitu ’60 an berkat promosi dan targetingmarketing yang kuat. Ketika cabang waralabanya semakin meningkat, dibangunlah kantor koordinasi untuk mengatur setiap cabang pizza hut yang masih berada di lingkup Wichita.

Logo Pizza Hut

logo pizza hut dari tahun ke tahun

Selama beberapa dekade, logo sejarah Pizza Hut mengalami perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu. Hal tersebut dilakukan agar identitas dari usaha pizza ini lebih dikenal masyarakat dan mudah melekat dalam ingatan.

Sejak tahun 1958 dimana logonya masih sangat sederhana memakai tulisan tanpa hiasan apa-apa, kini telah berubah jauh semakin bagus. Tambahan border warna dan simbol atap bangunan yang berbentuk seperti gubuk telah menjadi ciri khasnya tersendiri.

Akhirnya versi terbaru dari logo Pizza Hut saat ini yaitu berupa tulisan dengan penambahan desain atap gubuk bewarna merah. Apalagi setelah ada penambahan menu baru kamu akan merasa relevan dengan gambar logonya. Setiap cabang di negara lain memiliki desain bangunan yang bervariasi macamnya. Namun, akan tetap terlihat persamaannya meski hanya sekilas saja.

Keberadaan Sejarah Pizza Hut di Indonesia

Sejarah Restoran Pizza hut pertama di Indonesia

Faktanya terdapat cabang Pizza Hut di Indonesia  yang resmi berdiri pada tahun 1984. Lokasi pembangunan cabang ini berada di Jakarta Pusat dimana menurut saya hal tersebut cukup efektif mengingat Jakarta adalah ibu kota sehingga akan ramai pengunjung nantinya.

Setelah mendapat respon baik dari pelanggan di Indonesia, akhirnya dibukalah cabang lainnya di beberapa provinsi agar sebarannya merata. Dalam sejarah Pizza Hut Indonesia tercatat lebih dari ratusan toko pizza hut yang ditempatkan di puluhan provinsi.

Pengelola yang bertugas mengatur penjualan Pizza Hut di Indonesia adalah PT Sarimelati Kencana yang telah membeli lisensi legal dari Yum! Brands sehingga mempunyai hak untuk menjual produk pizza ini. Markasnya ada di Jakarta dan memang berfokus pada usaha makanan cepat saji.

Jadi begitulah sejarah Pizza Hut yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan pengetahuan. Waralaba satu ini sangat sukses dan keuntungannya meraup lebih dari ratusan juta rupiah. Ambil hikmah baik dari sejarah ini sebagai motivasi diri. Beranikan diri membuka usaha mulai dari titik 0 sampai akhirnya dapat dikenal oleh khalayak luas. Tidak hanya di negara domestik bahkan sampai mancanegara!

Leave a Comment