Sejarah Pramuka Sedunia serta Indonesia

Pramuka merupakan sebuah kegiatan yang banyak dilakukan oleh kalangan pelajar maupun dewasa. Tidak hanya di Indonesia saja, namun kegiatan pramuka telah dilakukan hingga di seluruh dunia.

Apakah kamu tahu kalau sejarah Pramuka sendiri pertama kali didirikan oleh orang dengan berkebangsaan Inggris?

Praja Muda Karana atau yang sering disebut dengan Pramuka ini adalah sebuah perkumpulan atau organisasi yang telah berkembang secara mendunia.

Karena banyak sekali pengaruh positif yang dapat diambil dari kegiatan Pramuka ini. Banyaknya kegiatan yang berhubungan erat dengan kerohanian serta berinteraksi langsung dengan alam.

Pengertian Pramuka

Pramuka merupakan sebuah perkumpulan atau organisasi yang telah menjadi salah satu tempat dalam proses belajar mengajar di luar jam pelajaran khususnya sekolah-sekolah di Indonesia. Untuk di luar negeri, sebutan untuk Pramuka yaitu Scout.

Pramuka sendiri adalah sebuah sebutan untuk anggota dari Gerakan Pramuka yang memiliki empat tingkatan berdasarkan usia, yakni:

  • Usia 7 hingga 10 tahun disebut Pramuka Siaga
  • Usia 11 hingga 15 tahun disebut Pramuka Penggalang
  • Usia 16 hingga 20 tahun disebut Pramuka Penegak
  • Usia 21 hingga 25 tahun disebut Pramuka Pandega
Contoh atribut pramuka penggalang. Img: Markijar.com

Selain itu terdapat juga anggota pramuka lain diluar keempat tingkatan tersebut, yakni pembina, pelatih, pamong saka, majelis pembimbing, andalana, serta staf kwartir Pramuka.

Apabila kamu tertarik menjadi seorang Pramuka, kamu harus mengucapkan sebuah satya atau janji pramuka terlebih dahulu di depan pembimbing organisasi itu.

Dengan kata lain, Kepramukaan merupakan sebuah proses belajar yang mana berada di luar dari sistem pelajaran di sekolah. Sedangkan Gerakan Pramuka merupakan sebuah perkumpulan atau organisasi yang menjalankan sistem Kepramukaan. Untuk Pramuka sendiri adalah anggota yang turut serta dalam sebuah Gerakan Pramuka.

Tujuan Gerakan Pramuka

tujuan gerakan pramuka

Salah satu sistem pendidikan sekolah di Indonesia yang sangat baik adalah sebuah Gerakan Pramuka yang menjadi ektrakulikuler wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa.

Tujuannya dilakukan kegiatan tersebut adalah membentuk karakter seseorang dari berbagai macam aspek, antara lain spiritual, fisik, sosial, dan intelektual.

Aspek-aspek tersebut diwujudkan dalam perkembangan seseorang agar tercipta jiwa atau kepribadian yang berakhlak mulia, cinta tanah air dan selalu membela negara.

Selain itu, memiliki jiwa patriot tinggi dalam bermasyarakat  serta siap menjadi seorang pemimpin yang sangat handal dan dipercaya oleh sesamanya. Di balik itu semua terdapat beberapa kisah mengenai sejarah pramuka yang harus kamu ketahui.

Sejarah Berdirinya Pramuka

Robert Stephenson Smyth Baden Powell merupakan seseorang yang berpengaruh besar dalam dunia Kepramukaan tidak hanya di Indonesia, bahkan dunia sekalipun.

Menurut buku yang pernah saya baca, Baden Powell pernah melakukan kegiatan berkemah dan ditemani oleh 22 orang laki-laki di Pulau Bronsea pada tahun 1907. Camping yang terjadi selama 8 hari tersebut memiliki efek yang sangat luar biasa bagi seluruh dunia.

Kepribadian Bapak Pandu Dunia tersebut dikenal orang sebagai orang yang periang, lucu, serta sangat pandai. Dengan itu, pastinya orang-orang yang ada di sekitarnya akan sangat menyukainya.

Selain itu, beliau memiliki talenta dalam bermain alat musik seperti piano dan biola yang menjadi nilai tambahannya.

Bahkan Robert Baden Powell juga pernah menjalani pendidikan dan bergabung bersama Militer Inggris dan mendapat banyak sekali pengetahuan seputar seorang tentara. Sehingga sikapnya juga bertambah menjadi lebih disiplin, tegas, dan kreatif. Itulah yang mendasari dan dibutuhkan dalam sebuah kegiatan Kepramukaan.

Robert Baden Powell juga sempat menulis sebuah buku yang bertajuk Aids to Scouting. Dengan berbekal dari kemampuan berbahasa yang sangat baik, menjadikan buku tersebut menjadi sebuah buku yang diisi dengan pengalaman pribadinya selama beliau bertugas di pedalaman Afrika serta beberapa tempat lainnya.

Setelah menerbitkan buku tersebut, Powell memperoleh respon positif dari pemimpin dari Boys Brigade, William Smyth. Mereka berdua akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dalam melatih organisasi tersebut berdasarkan pengalaman dari Powell.

Boys Brigade yang dilatih oleh Robert Baden Powell memiliki anggota sebanyak 22 orang yang mana akan menjadi permulaan sejarah pramuka di dunia.

Pada saat pelatihan, Beliau terus berusaha untuk menumbuhkan kemampuan berupa penyelidikan yang sangat baik. Selain itu, kegiatan yang berlangsung 8 hari tersebut telah mendapati karakter dari orang-orang tersebut menjadi lebih baik. Acara tersebut berlangsung pada 25 Juli tepatnya tahun 1907.

Sejarah Berdirinya Pramuka di Dunia

sejarah pramuka di dunia
img: Scout.org

Setelah sukses dengan Scouting for Boys di Pulau Brownsea tersebut, Powell akhirnya memutuskan untuk menulis pengalamannya tersebut kembali ke dalam sebuah buku pada tahun 1908. Selanjutnya buku tersebut akan digunakan petunjuk dalam melakukan camping yang tengah dilakukannya.

Penjualan buku tersebut tidak hanya laku di Inggris, namun telah berada di seluruh pelosok negeri dan dijadikan pedoman mereka dalam berkemah untuk anak laki-laki saja.

Namun, tidak berhenti sampai di situ saja sejarah pramuka dari Baden Powell. Adik perempuan dari Bapak Pramuka, Agnes Baden Powell juga turut membantu dalam membangun sebuah organisasi Pramuka wanita pertama yang bernama Girl Guides di tahun 1912. Kemudian dilanjutkan oleh Ovale Clair Soames, istri dari Robert.

Seiring berjalannya waktu, Powel bersaudara tersebut mulai membentuk organisasi pramuka tersebut berdasarkan usia para pesertanya.

Mulai dari usia Siaga, mereka namai dengan sebutan Cub Scout di tahun 1916. Pada tahun 1918 mulailah berdiri kembali tingkatan baru dengan nama Rover Scout untuk para remaja yang berumur 17 tahunan.

Setelah sekian lama hiatus dalam menulis, Robert akhirnya mulai kembali hobinya tersebut di tahun 1922 dan menciptakan sebuah mahakarya dengan judul Rouvering to Success. Buku tersebut merupakan inspirasinya dari kelompok kedua yang telah berhasil didirikannya dan memiliki arti ‘Berkembara dalam Kesuksesan’.

Dalam buku itu, Robert menceritakan kisah seorang anak yang terus berusaha mengayuh perahunya untuk mencapai sebuah pantai yang dipenuhi dengan kebahagiaan.

Sejarah Pramuka terbesar kemudian yang pernah dirasakan oleh Robert dan sang istri yaitu diadakannya JAMBORE sedunia. Kegiatan itu diikuti oleh lebih dari 700 anggota pramuka di dunia.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan di Olympia Hll Inggris tersebut sebagai pengangkatan resmi Robert Baden Powell menjadi Chief Scout of The World yang dikenal hingga sampai saat ini. JAMBORE tersebut berlangsung selama 10 hari dari 30 Juli hingga 8 Agustus tepatnya pada tahun 1920.

 Sejarah Pramuka di Indonesia

Sejarah pramuka di Indonesia
infosejarah.com

Indonesia mengalami sebuah periode yang mana kegiatan organisasi pramuka mengalami pasang surut. Kamu pastinya mengetahui kalau dahulu Indonesia pernah dijajah oleh beberapa negara. Oleh sebab itu, Indonesia memiliki 3 sejarah pramuka dalam masa penjajahan yang berbeda.

Di antaranya, yaitu dalam masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, dan pasca kemerdekaan. Berikut uraiannya dari 3 masa tersebut:

Sejarah Pramuka Indonesia Masa Penjajahan Belanda

Sejarah pramuka pada masa ini dapat saya katakan kalau di sini awal dari organisasi Pramuka yang dikenal hingga sekarang.

Dalam masa penjajahan oleh Belanda, pihak kolonial juga telah mendirikan organisasi kepramukaannya dengan nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging (NIPV). Atau bisa diartikan dengan Persatuan Pandu Hindia Belanda.

Banyak sekali yang beranggapan kalau organisasi tersebut akan berdampak positif untuk masyarakat-masyarakat yang mengikutinya. Alhasil, banyak dari organisasi lain mulai tumbuh dan berdiri dengan mencari manfaat yang sama.

Seiring berjalannya waktu, kesadaran rakyat Indonesia mulai tumbuh dan meningkat. Beberapa organisasi pramuka lainnya mulai bergabung menjadi satu. Salah satunya Pandu Pemuda Sumatra (PPS) di tahun 1930. Pada tahun 1931 mulailah berdiri Persatuan Antar Pandu Indonesia (PAPI) yang beranggotakan dari organisasi-organisasi pramuka seluruhnya.

Di tahun 1936 PAPI merubah namanya menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepaduan Indonesia. BPPKI ini memiliki sebuah kegiatan yang menjadi asal muasal dari JAMBORE di Indonesia.

Sejarah Pramuka Indonesia Masa Penjajahan Jepang

Sedangkan untuk sejarah pramuka, BPPKI mulai terjadi perpecahan. Di masa ini banyak sekali perpisahan akibat dari Perang Dunia II. Banyaknya tokoh-tokoh yang berperan dalam kepanduan masuk ke organisasi milik Jepang, seperti PETA, Seinendan, serta Keibondan.

Lebih parahnya lagi, Jepang melarang untuk membubarkan seluruh organisasi Indonesia. Jepang beranggapan kalau seluruh organisasi Indonesia (Kepanduan) akan memiliki dampak negatif bagi pihak komunis tersebut karena akan meningkatkan kekuatan dari rakyat Indonesia. 

Dengan semangat yang pantang menyerah, Indonesia juga tetap mendirikan sebuah organisasi baru PERKINO II yang bergerak dalam bidang Kepanduan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengalahkan serta mengusir seluruh pihak Jepang agar pergi dari tanah air tercinta.

Sejarah Pramuka Indonesia Pasca Kemerdekaan

Indonesia telah terbebas dari masa penjajahan pada tahun 1945. Tidak lama setelah presiden pertama Indonesia mengumandangkan teks Proklamasinya, pada tanggal 28 Desember tepatnya, berdirilah sebuah gerakan kepaduan baru, yakni Organisasi Pandu Rakyat Indonesia.

Organisasi ini berdiri di kota Solo. Perkumpulan tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk mempersatukan semua anggota kepaduan di seluruh Indonesia.

Organisasi tersebut memiliki lebih dari 100 anggota yang terdapat di seluruh Indonesia. Anggota-anggota tersebut terbagi dari 3 perkumpulan, yaitu Ikatan Pandu Indonesia, Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, dan juga Persatuan Putera Puteri Indonesia. 

Akan tetapi, semua organisasi tersebut dibubarkan oleh Ir. Soekarno dan berganti nama sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Sejarah pramuka terbesar di Indonesia adalah peresmian Gerakan Pramuka di tahun 1961 tepatnya tanggal 14 Agustus. Peresmian tersebut langsung ditandatangani oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno dengan berlambangkan Tunas Kelapa, Oleh sebab itu, kenapa pada tanggal tersebut dijadikan sebagai hari Pramuka di Indonesia.

Bahkan pada tahun 2010, Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden Republik Indonesia ke-6 melakukan peremajaan terhadap Gerakan Pramuka. Yang mana kegiatan tersebut lebih mulai kreatif dan sudah mulai diatur dalam undang-undang Negara Indonesia.

Pastinya, kamu sudah mengetahui oleh siapa pramuka itu terbentuk, asalnya, bahkan sejarah pramuka di Indonesia juga yang penuh dengan  kisah perjuangan.

Oleh sebab itu, selalu peduli dan menghargai semua organisasi-organisasi kepaduan. Ada begitu banyak sekali manfaat yang dapat dicapai dengan adanya pramuka. Manfaatnya bisa dilihat seperti pengembangan karakter diri, bahkan yang paling seru adalah kamu akan belajar bagaimana hidup berdampingan dengan alam dan mensyukuri atas semua ini kepada Tuhan.

Leave a Comment