27+ Situs Baca Manga Komik Online Terbaik Bahasa Indonesia Paling Populer (2021)

Kegemaran membaca komik khas Jepang membuat banyak situs baca manga komik online mulai bermunculan. Ribuan judul manga dari berbagai genre telah tersedia dan bisa di baca secara gratis.

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang lebih simpel, tetapi faktanya membaca lewat website juga tidak kalah asyik. Biasanya loading time dan tampilan setiap panel lebih enak untuk di baca.

Membaca lewat sebuah website juga menjadi alternatif ketika ada kerusakan gambar panel di aplikasi baca manga. Banyak orang juga masih menyimpan daftar beberapa situs sebagai alternatif tambahan.

Namun, tahukah kamu situs mana saja yang paling populer? Jika kamu sudah lama suka dengan cerita fiksi ala Jepang, pasti tahu situs mana saja yang layak.

Daftar Situs Baca Manga Terbaik Bahasa Indonesia

Sebenarnya ada banyak sekali daftar website yang bisa kamu kunjungi. Setiap situs juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebagian besar website tersebut bisa kamu download secara gratis, jadi kamu tidak harus baca komik secara online deh..

Karena bisa baca secara offline juga

Yaudah yuk kita liat list informasi rekomendasi situs baca manga yang bisa kamu coba.

1. Crunchyroll.com

Jika kamu penggemar cerita fiksi ala Jepang, nama situs ini tentu sudah tidak asing lagi. Crunchyroll.com sendiri sebenarnya memiliki 2 model. Ada masa free trial selama 2 minggu dan berbayar.

Salah satu alasan mengapa Crunchyroll.com berbayar adalah karena sudah legal. Semua judul manga bukan hasil mirroring dari website lain. Hasil terjemahan juga dibuat mudah dipahami oleh orang lain.

Crunchyroll.com juga memiliki banyak sekali judul manga yang bisa kamu jadikan alternatif. Misalnya saja Shingeki No Kyojin yang sangat populer di dunia dan sudah mencapai chapter 139 pada April lalu.

Manga yang sudah lama tamat juga masih bisa kamu jumpai. Jika ingin bernostalgia dengan cerita-cerita populer lama, Crunchyroll.com menjadi salah satu website yang paling direkomendasikan.

Ada juga Black Clover yang sejak perilisannya langsung mendapatkan perhatian banyak orang. Ada juga beberapa judul manga populer lain seperti One Piece, One Punch Man, hingga Boruto: The Next Generation.

Menariknya, kualitas setiap panel gambar sangat jelas. Terjemahan manga indo juga mudah di baca. Ada juga alternatif pengaturan untuk menyesuaikan layar antar muka dengan para pembaca.

2. Comixology.com

Situs baca manga terbaik Bahasa Indonesia selanjutnya adalah Comixology.com. Website ini sudah terkenal karena memiliki ribuan judul. Bahkan, kamu bukan hanya bisa membaca manga saja, tapi juga manhua dan manhwa.

Bagi sebagian orang mungkin manhua dan manhwa kurang menarik karena kurang populer. Sedangkan manga jauh lebih populer karena memang sudah dikenal. Namun, karena itulah Comixology.com menjadi pilihan utama.

Di website ini, kamu bisa membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Kamu bisa menilai apakah manga yang akan kamu baca menarik atau tidak. Meskipun sinopsisnya sangat singkat, tetapi sudah cukup, bukan?

Kamu bisa menikmati banyak judul-judul yang cukup populer seperti Shingeki No Kyojin, Goblin Slayer, One Punch Man, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dinikmati tanpa perlu khawatir.

Biasanya, pembaca lebih memilih menunggu hingga beberapa bulan. Kemudian membaca satu judul secara maraton untuk mendapatkan keseruannya. Tetapi ada juga yang membaca setiap ada update chapter supaya tidak ketinggalan cerita.

Comixology.com juga sangat direkomendasikan jika ingin membaca manga yang mungkin kurang populer. Meskipun begitu, terkadang kamu bisa menemukan beberapa judul baru yang menarik dan tidak kalah seru

3. Komiku.co.id

Situs baca manga terbaik Bahasa Indonesia selanjutnya adalah Komiku.co.id. Mungkin situs ini yang paling populer saat ini. Apalagi setelah adanya aplikasi untuk mendukung para pembaca cerita fiksi.

Di Komiku.co.id juga ada banyak genre judul seperti fantasy, horror, aksi, adventure, bahkan isekai. Manga merupakan salah satu jenis komik yang paling banyak memberikan cerita bergenre isekai.

Cerita bergenre isekai memang sangat digemari oleh banyak pembaca. Ceritanya tentang sang MC yang dipindahkan ke dunia lain. Biasanya sang MC mendapatkan kekuatan OP untuk mengalahkan musuh-musuhnya.

Manga indo populer ini juga menyediakan komik khas China yang biasa disebut dengan istilah Manhua. Salah satu komik China yang populer adalah Martial Peak dan Apotheosis.

Komiku.co.id juga menyediakan komik khas Korea Selatan atau Manhwa berbagai genre. Solo Laveling, Solo Spell Caster, hingga Volcanic Age cukup banyak pembacanya. Ada juga judul-judul lain yang jadi alternatif.

Jadi, Komiku.co.id adalah salah satu situs baca manga terbaik Bahasa Indonesia yang cukup lengkap. Bukan hanya manga, tetapi juga terdapat manhua dan manhwa dari berbagai genre.

4. Mangacanblog.com

Website keempat adalah mangacanblog.com. Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu jadikan alternatif baca manga. Salah satunya adalah kebebasan preview setiap judul.

Menariknya, tampilan home sangat sederhana dengan tidak terlalu banyak warna. Namun, justru tampilan sederhana ini yang membuat para pembaca betah. Bahkan menghabiskan waktu dengan preview setiap judul yang disediakan.

Mangacanblog.com menyediakan berbagai judul manga. Kamu juga bisa terbantu karena situs ini memberikan rangking pada judul yang dilabeli populer, direkomendasikan, hot, dan sebagainya untuk memudahkan pembaca.

Kekurangan dari mangacanblog.com ini adalah iklan pop up ketika melakukan klik. Jika sekali dua kali memang tidak mengganggu. Namun, iklan ini muncul setiap kali kali melakukan klik.

Sebenarnya hal ini tidak bisa disalahkan karena iklan pop up memberikan pendapatan bagi situs. Pendapatan tersebut dipakai untuk membeli raw chapter baru. Jadi iklan ini juga untuk kebaikan pembaca.

Sebenarnya, bukan hanya mangacanblog.com saja yang memiliki iklan pop up. Hampir semua situs baca manga gratis memiliki sistem begitu. Jadi bisa dimaklumi karena iklan memberikan pendapatan untuk membeli raw chapter.

5. Komikcast.cast

Komikcast.com juga menjadi situs baca manga terbaik Bahasa Indonesia yang sangat populer. Tampilan yang sederhana membuat banyak orang lebih suka dengan Komikcast.com. Jadi kamu bisa mengunjungi website ini juga.

Di sini, kamu bisa menikmati banyak judul berbagai genre dari fantasi hingga isekai. Kedua genre ini menjadi yang paling populer saat ini. Cerita menarik dan alur yang menegangkan membuat ketagihan.

Komikcast.com sendiri sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah iklan pop up ketika klik judul manga. Namun, iklan ini tidak akan muncul setiap saat.

Beberapa judul manga terkadang juga mengalami keterlambatan update chapter. Namun, beberapa judul malah lebih cepat update. Namun, keterlambatan update sebenarnya tidak menjadi masalah karena gambar panelnya sangat jelas.

Beberapa manga populer seperti One Punch Man, Boruto the Next Generation, One Piece, hingga Black Clover bisa dinikmati. Bahkan, Tensei Shitara Slime Datta Ken selalu tidak pernah ternah telah update.

Komikcast.com juga selalu merilis manga baru setiap saat. Salah satunya adalah Isekai Chef to Saikyou Boushoku Hime yang sudah sampai chapter 7. Selain itu, masih ada banyak lagi manga baru.

6. KomikStation.com

Jika kamu senggang, bukalah komikstation.com untuk membaca beberapa judul manga. Situs ini sendiri bisa kamu akses secara gratis. Namun, akan ada beberapa iklan pup up yang muncul.

Iklan ini mungkin bagi sebagian orang cukup mengganggu ketika ingin membaca manga sub indo. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah karena tidak muncul setiap saat.

Beberapa judul manga populer seperti Tensei Shitara Slime Datta Ken dan One Piece bisa kamu nikmati. Ada juga beberapa judul lain yang mungkin bisa dijadikan alternatif, misalnya Tokyo Revengers.

The New Gate, Hataraku Maou-sama, Fairy Tail, dan Rettou Me no Tensei Majutsushi juga layak dijadikan alternatif. Apalagi beberapa genre cukup menyenangkan untuk diikuti setiap chapternya.

7. BacaKomik.com

Sama seperti situs manga sub indo lain, Bacakomik.com juga memberikan beberapa fitur unik. Salah satunya kamu bisa mengunduh setiap chapter untuk di baca ketika sedang offline.

Salah satunya adalah Shingeki no Kyojin all chapter dari tiap season bisa kamu unduh dengan bebas. Bukan hanya Shingeki no Kyojin saja, kamu bisa mengunduh semua chapter terbaru.

Salah satu yang cukup menarik dari situs ini sendiri adalah loading time cukup singkat. Perangkat mobile bisa melakukan loading lebih cepat. Itulah mengapa Bacakomik.com sangat populer di kalangan penggemar komik.

Apalagi, ada ribuan judul manga yang telah disediakan. Beberapa judul sudah tamat dengan puluhan hingga ratusan chapter. Cocok untuk menemani saat sedang ada waktu luang dan membacanya secara maraton.

Namun, karena situs ini gratis maka kamu harus sedikit bersabar. Ada iklan pop up yang muncul setiap klik pada situs. Iklan ini biasanya menutupi semua jendela layar ponsel.

8. KomikFox.we.id

Selanjutnya ada Komikfox.we.id yang menjadi situs baca manga terbaik Bahasa Indonesia. Website ini menyediakan beberapa judul manga terbaru. Manga populer seperti Akame Ga Kill dan Fairy Tail memiliki chapter lengkap.

Beberapa manga yang telah diadaptasi menjadi anime juga tidak pernah telat update. Sebut saja Ao no Exorcist yang sudah memiliki lebih dari 2 season anime.

Bleach yang animenya sudah tamat juga tersedia dalam bentuk manga. Bahkan, manga Bleach juga bisa kamu nikmati setiap saat. Tentunya dengan akses gratis di Komikfox.web.id.

Menariknya, situs ini juga memberikan beberapa quotes dari beberapa tokoh manga. Sebut saja Zoro dan Luffy di One Piece atau quotes dari Asta, MC Black Clover.

9. Komikindo.co

Salah satu situs yang juga menyediakan jenis komik secara lengkap adalah Komikindo.co. Kamu bisa menemukan ribuan judul manga, manhua, hingga manhwa sekaligus dengan lebih mudah.

Fitur Search dan kategori memudahkan setiap orang untuk mencari judul yang diinginkannya. Ditambah dengan keterangan untuk setiap judul supaya pembaca mengetahui sinopsis dari komik tersebut.

Kamu bisa mengunduh setiap chapter jika ingin membacanya ketika sedang offline. Fitur ini cukup memudahkan banyak orang. Apalagi ketika tidak sempat membeli kuota internet yang baru.

10. Mangakik.com

Situs berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Mangakik.com. Kamu akan mendapatkan update chapter puluhan manga setiap hari. Totalnya ada ratusan judul bisa dinikmati setiap saat.

Beberapa genre isekai, fantasi, aksi, dan petualangan menjadi cukup populer. Apalagi dengan judul yang telah populer sebelumnya. Sebut saja seperti Versatile Mage hingga Fairy Tail: 100 Year Quest.

Beberapa judul lain dari komik China dan komik Korea Selatan juga bisa kamu nikmati. Martial Peak, Apotheosis dan Solo Leveling adalah beberapa judul sangat populer.

Alternatif Situs baca manga online bahasa indonesia

Selain 10 list utama yang sudah saya review, kamu bisa coba beberapa list website baca manga lainya.

Jadi kamu punya banyak alternatif website yang menurut kamu paling pas dan oke versi kamu.

Berikut list website baca manga alternatif tersebut

  • Komikgratis.com
  • Komikmanga.com
  • Mangatx.com
  • Maxnime.com
  • WorldNovel.online
  • Samehadaku.vip Anoboy.tube
  • Mangakik.com
  • Nanime.in
  • Matakomik.com
  • Mangakomi.com
  • Kiryuu.co
  • Mangaku.prom atau Mangaku.in
  • Otakuindo.org
  • PojokManga.com
  • KomikMama.net
  • Klikmanga.com
  • Komikindo.web.id
  • Westmanga.info
  • Mangaku.pro

Situs-situs tersebut bisa kamu kunjungi setiap saat ketika sedang senggang. Puluhan judul di update setiap hari. Tidak salah memang situs baca manga terbaik Bahasa Indonesia selalu ramai pengunjung.

Leave a Comment