3+ Strategi Pemasaran yang Bisa Kamu Coba untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi pemasaran adalah sebuah rencana jangka panjang yang disusun dengan pendekatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Rencana ini dilakukan dengan memahami kebutuhan konsumen sehingga bisa memberikan apa yang diinginkan oleh konsumen. 

Pentingnya strategi marketing 

Mengembangkan bisnis bukan hal yang mudah untuk dilakukan. pertama kamu harus memiliki ide yang menarik.

Dari sini kamu bisa menemukan niche yang menguntungkan, mendefinisikan target demografi dan produk-produk yang memiliki nilai untuk dijual pada target tersebut.

Entah itu akan menjual produk atau menjual sebuah jasa dan juga informasi, membuat informasi mengenai produk yang kamu jual ini memang merupakan salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Jika kamu melakukannya tanpa menggunakan strategi marketing yang benar, maka pertumbuhan dan juga profil dari perusahaan akan sulit kamu capai.

Meski begitu identifikasi dari strategi marketing untuk bisnis yang kamu bangun sangat penting untuk dilakukan.

Lalu bagaimana kamu akan menyampaikan pesan pemasaran pada audiensi yang tepat dan melakukannya secara efektif?

Bagaimana kamu meningkatkan visibility dari produk yang kamu miliki dan juga meningkatkan penjualan tetap mempertahankan pencapaian keuntungan?

Jika kamu tidak melakukannya dengan baik, maka kamu tidak akan mendapatkan pencapaian dan juga mengoptimasi biaya yang kamu keluarkan untuk membuat strategi Marketing tersebut. dengan kata lain kamu hanya membuang-buang uang.

Apa strategi marketing terbaik yang bisa kamu gunakan?

strategi pemasaran yang terbaik untuk digunakan
Photo by Serpstat on Pexels.com

Setiap bisnis akan menghadapi teka-teki mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan visibilitas dari produk yang mereka miliki.

Meningkatkan visibilitas merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan dari produk sebuah perusahaan. akan tetapi untuk mendapatkan visibilitas yang lebih, sebuah bisnis harus mau mengeluarkan lebih banyak uang.

Lalu bagaimana jika kamu kehabisan sumber keuangan untuk promosi?

Apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan tanpa mengeluarkan banyak uang? 

Sesungguhnya tidak ada jawaban yang jawaban yang tepat untuk menjawab masalah tersebut. hal ini disebabkan karena setiap bisnis akan menghadapi situasi yang berbeda sehingga jawaban mengenai strategi marketing yang benar ini memang unik untuk masing-masing kebutuhan.

Akan tetapi di era modern seperti sekarang ini ada banyak strategi marketing yang bisa kamu lakukan. untuk kamu yang ingin tahu apa saja strategi marketing yang cocok untuk bisnis dengan budget yang minim berikut ini adalah ulasannya.

Strategi Marketing dengan menggunakan sosial media

Dalam menjalankan bisnis kamu tidak bisa mengesampingkan social media. Hal ini disebabkan karena sosial media merupakan salah satu tempat dimana keajaiban terjadi.

Beberapa bisnis telah membangun banyak sosial media untuk sumber pemasaran mereka. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang cukup mengintimidasi diawalnya, akan tetapi ketika kamu berhasil membangun momentum, maka kamu akan mendapati bahwa melakukan posting di sosial media menjadi lebih mudah dari waktu ke waktu.

Berdasarkan pengalaman saya, social media memang sangat membantu dalam pembangunan dan perkembangan bisnis yang sedang saya usahakan. Karena sosial media merupakan salah satu platform pemasaran yang mudah dan gratis.

Jika kamu sulit untuk mencari bahan dalam melakukan posting di sosial media kamu, maka kamu juga bisa menggunakan jasa social media manager. 

Jika kamu memang mencukupi. Akan tetapi jika memang budget yang kamu miliki dalam membangun kamu bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan kemampuan kamu dalam mengatur apa yang akan kamu posting di sosial media tersebut.

salah satu kunci dari penggunaan sosial media yang efektif adalah membuat postingan yang relevan dengan produk yang kamu miliki dan juga membantu audiens kamu belajar lebih banyak mengenai Kamu bisnis kamu dan produk yang sedang kamu pasarkan.

Salah satu sosial media yang paling cocok digunakan untuk marketing bisnis Kamu adalah Instagram, Snapchat atau Twitter yang merupakan platform yang dapat membuat pesan-pesan langsung populer digunakan dalam dunia bisnis.

Membuat video tutorial

Selain mendekati konsumen kamu dengan cara menjaga mereka melalui sosial media, salah satu hal yang membuat bisnis yang mudah berkembang adalah dengan membuat video tutorial.

Membuat video tutorial merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mudah konsumen kamu mendapatkan informasi mengenai bisnis yang kamu miliki. 

Hal ini disebabkan karena YouTube merupakan mesin pencari terbesar kedua di bawah Google. Di mana saat ini ketika seseorang ingin mencari informasi terlebih informasi-informasi yang berhubungan dengan visual, maka mereka akan melakukan pencarian tersebut di mesin pencari YouTube.

Lalu materi seperti apa yang harus dibuat untuk video tutorial tersebut?

Kamu bisa menanyakan pada diri kamu mengenai hal apa yang bisa kamu ajarkan pada konsumen yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Salah satu kriteria dari sebuah produk yang berkualitas adalah produk yang mampu menyelesaikan masalah dari konsumennya. Hal ini bisa menjadi salah satu poin penting dalam pembuatan video tutorial kamu bukan?

Mulailah untuk melakukan blogging

Membuat blog merupakan salah satu strategi marketing yang tidak akan membutuhkan banyak biaya dan bisa kamu mulai kapan saja.

Jika kamu tidak memiliki blog, maka kamu bisa memulainya sekarang. Akan tetapi perlu kamu tahu bahwa untuk membuat sebuah blog kamu perlu tahu hal apa yang penting dan efisien untuk dilakukan dalam meningkatkan popularitas dari blog kamu.

Karena tanpa mengetahui apa yang sedang kamu lakukan, maka blog yang kamu bisa menjadi salah satu hal yang hanya menambah pekerjaan kamu.

Dalam membuat sebuah blog tidak melakukannya hanya untuk memberikan informasi mengenai ide-ide yang kamu miliki tapi kamu juga harus berpikir untuk membuat blog kamu menjadi sebuah blog authority.

Blog authority adalah blog yang memiliki value yang akan membuat search engine seperti Google mau menampilkan halaman blog kamu di SERP yang dimilikinya. 

Untuk membuat blog kamu menjadi sebuah blog authority, maka kamu bisa memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di quora atau reddit.

Cara lain untuk membuat blog kamu menjadi blog authority adalah dengan mempelajari SEO. Ketika belajar mengenai SEO ini, maka kamu bisa mengetahui banyak cara dan strategi untuk membuat kamu menjadi blog yang terpercaya oleh Google dan menempati ranking di halaman awal Google yang notabennya memiliki visibilitas yang lebih tinggi.

Jika kamu mampu membuat blog kamu populer, maka blog tersebut bisa menjadi strategi marketing yang powerfull untuk meningkatkan visibilitas penjualan dan juga profit dari perusahaan kamu.

Menggunakan jasa search engine optimization

Ketika kamu akan membuat blog, maka search engine optimization merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bukan?

Penggunaan dari search engine optimization ini memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena banyak faktor salah satunya karena ilmu yang terus berkembang dan berubah sesuai dengan algoritma mesin pencari yang paling populer yaitu Google.

SEO merupakan sebuah bidang ilmu yang diminati oleh orang-orang yang memiliki passion yang tinggi dalam dunia marketing. Akan tetapi bidang ini bisa menjadi salah satu bidang yang cukup menakutkan bagi kamu yang baru pertama belajar mengenai mesin pencari ini.

Jika kamu tidak ingin kesusahan dan belajar dari awal, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mencari jasa yang mampu membantu membuat Seo untuk bisnis kamu.

Jika kamu akan menggunakan jasa untuk membuat video ada bisnis kamu, maka kamu harus memilih jasa yang tepat. hal ini disebabkan karena tidak semua jasa mampu membantu kamu membuat SEO yang berkualitas. 

SEO yang berkualitas bisa dilihat dari caranya mencari perhatian dari Google. ada banyak jasa SEO yang menggunakan trik-trik untuk mengelabui Google agar mereka bisa naik ke halaman pertama mesin pencari tersebut.

Hal ini memang bisa memberikan efek yang cukup baik untuk halaman blog kamu, tapi efek yang diberikan oleh Seo abal-abal ini hanya akan berlaku sementara. 

Jika kamu menggunakan jasa SEO yang tidak berkualitas kamu malah mungkin akan dihadapkan pada masalah-masalah yang merugikan,

contohnya adalah ban dari Google sendiri yang membuat website kamu tidak bisa muncul di halaman pencarian Google.

Salah satu tips yang bisa kamu ikuti ketika kamu membuat saya adalah menghindari melakukan keyboard spam. Keyboard dalam jumlah yang terlalu banyak dalam sebuah artikel merupakan salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh para pemula di dunia SEO. 

Menggunakan keyboard merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian dari algoritma Google, akan tetapi menggunakan terlalu banyak akan membuat konten di blog kamu menjadi salah satu konten yang sering dipahami oleh manusia.

Karena algoritma yang dimiliki oleh Google saat ini memang algoritma yang cukup pintar, maka akan lebih mudah bagi Google untuk menentukan mana artikel atau konten yang digunakan dan memberikan informasi bagi manusia atau hanya digunakan untuk menjebak mesin.  Tips lain yang buka penyebab saya gunakan dalam membuat blog saya adalah membuat konten yang unik insightful dan juga engaging.

Gunakan influencer pada bidang kamu

Salah satu tujuan dari Strategi pemasaran adalah untuk membangun hubungan antara bisnis kamu dengan audience yang kamu miliki. Akan tetapi dengan cara yang normal, memang membangun audiensi akan membutuhkan lebih banyak waktu.

Kondisi inilah yang menyebabkan kamu harus mencari cara lain untuk membuat produk dan bisnis kamu lebih cepat diterima dan dikenal oleh calon konsumen Kamu.

salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan visibilitas yang lebih cepat ini adalah dengan menemukan influencer yang cocok dan sesuai dengan bisnis dan produk yang kamu miliki.

jadi ketika kamu memilih influencer untuk memasarkan produk kamu kamu tidak boleh memilih influencer berdasarkan jumlah follower yang mereka miliki tapi juga mengenai kualitas dari follower tersebut dan juga kesesuaian bidang dari influencer tersebut dengan bisnis dan produk yang kamu miliki. 

Menggunakan influencer yang sesuai dengan bidang kamu akan membantu kamu untuk melakukan pengiklanan dengan pangsa pasar yang sesuai dengan target kamu.

Jadi penggunaan influencer ini tidak hanya sekedar menyebarkan pesan dan informasi mengenai bisnis kamu tapi menyebarkan informasi mengenai bisnis kamu pada kelompok konsumen yang tepat dan potensial.

Jika kamu bisa melakukannya, maka kamu bisa mendapatkan audiensi dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu bermodalkan uang yang tidak begitu banyak untuk diinvestasikan.

Gunakan iklan di Google untuk melakukan retargeting

Dalam pembangunan bisnis saya, salah satu media sosial yang paling banyak membantu dalam menargetkan audiensi yang saya miliki adalah Facebook.

Hal ini disebabkan karena Facebook sendiri dapat membantu bisnis saya untuk menemukan audiens yang sesuai dengan kebutuhan saya. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan Facebook saya hanya perlu memasukkan spesifikasi target yang saya inginkan mulai dari krusial status relationship, Geographic location dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan tetapi ketika kamu akan menggunakan Facebook Ads untuk melakukan retargeting, maka kamu tidak hanya fokus pada melakukan klik kamu faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya, adalah melakukan instalasi Facebook pixel di website kamu.

Dengan menggunakan Facebook ini, maka kamu tidak perlu menggunakan Facebook untuk membangun audience yang kamu miliki.

Facebook pixel merupakan salah satu aplikasi yang dapat melakukan tracking terhadap siapa saja yang berkunjung ke website yang kamu miliki dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk membangun spesifikasi audiens yang sesuai dengan siapa saja yang tertarik dengan bisnis kamu.

Menggunakan program affiliate

Salah satu strategi marketing yang sangat cocok dan sangat membantu dalam membangun bisnis saya adalah program affiliate marketing. program affiliate marketing merupakan salah satu program yang sesungguhnya tidak banyak diminati dan tidak banyak dimengerti oleh Kebanyakan orang.

Ini disebabkan karena program affiliate memang merupakan program yang tidak cukup menarik di awalnya tapi sesungguhnya program ini dapat menjadi salah satu bahan bakar yang hebat untuk pertumbuhan bisnis kamu.

Salah satu hal yang membuat program afiliasi ini tidak cukup populer di Indonesia adalah mengenai pemilihan partner dari program affiliate ini. Menemukan partner yang tepat untuk program keahlian kamu memang bukan hal yang mudah.

Jika kamu ingin mendapatkan konversi yang lebih besar dari calon audiensi ke konsumen potensial, maka kamu akan membutuhkan keahlian yang lebih besar dan serius.

Program afiliasi sendiri merupakan salah satu program yang cukup sulit bagi pelakunya. Hal ini disebabkan karena untuk mendapatkan konsumen akan dibutuhkan kerja keras konsisten dan juga persisten untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Banyak dari orang-orang yang berada di bidang akhir afiliasi marketing ini merasa kecewa dan berhenti berusaha ketika kau yang diinginkan tidak tercapai.

Oleh karena itu mereka yang tergabung dalam program affiliate kamu juga harus dikelola dengan baik agar lebih produktif dan dapat menjadi sumber penjualan untuk bisnis yang kamu miliki.

Menggunakan email marketing sekuens

Salah satu sumber penjualan yang terbesar dari sebuah bisnis berasal dari email marketing sekuens.

Apa itu email marketing sekuens?

email marketing sekuens merupakan sebuah pesan otomatis yang diberikan pada konsumen konsumen yang melakukan subscribe dan ada di dalam list subscriber yang kamu miliki. 

penggunaan dari email frekuensi ini dapat digunakan untuk membangun hubungan yang lebih intimate dengan subscriber yang kamu miliki.

Ketika kamu akan membuat email marketing sekuens ini, maka pastikan kamu membuat email yang autentik dan juga transparan sehingga membuat subscriber kamu merasa lebih terikat dengan brand yang kamu miliki. 

Untuk membuat sebuah email marketing sekuens yang efektif, maka jangan asal menghasilkan audiens kamu ke dalam list subscriber kamu.

akan lebih baik jika kamu menemukan orang yang menjadi pembeli dari produk lama kemudian mengidentifikasi apa yang membuat mereka tertarik dari produk yang kamu miliki dan memberikan promosi promosi sesuai dengan ketertarikan dari konsumen kamu. 

Meskipun menggunakan Strategi pemasaran email marketing sekuens ini gratis tapi memberikan promosi yang berlebihan terus-menerus dan berulang-ulang pada konsumen yang kamu miliki dapat membuat mereka kehilangan respek terhadap brand yang kamu miliki.

Leave a Comment