Bisnis laundry kiloan

9 Tips Jitu Memulai Usaha Laundry (2020)

Usaha laundry adalah salah satu jenis bisnis yang menarik untuk digeluti. Pasalnya, di era modern yang makin cepat dan makin sibuk ini kegiatan mempersiapkan pakaian bersih merupakan salah satu kegiatan yang banyak memakan waktu.

Ini hanyalah salah satu keuntunganya. Selain itu, masih ada banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan jika sukses terjun dalam bisnis ini.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis ini, berikut ini adalah cara memulai bisnis laundry yang bisa kamu ikuti. 

Temukan usaha laundry yang cocok 

memulai usaha laundry

Usaha laundry bisa memberikan keuntungan ketika ia menarik banyak konsumen. Untuk menarik banyak konsumen ini, maka kamu perlu tahu jenis bisnis apa yang paling cocok untuk kamu.

Bisnis laundry saat ini ada sangat banyak pemainya mulai dari laundry satuan, laundry kiloan dan yang paling baru adalah laundry koin. 

Masing-masing jenis bisnis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga lebih cocok digunakan untuk lingkungan yang berbeda.

Contohnya, ketika kamu bertempat tinggal di lingkungan kampus, maka membuka bisnis laundry kiloan akan lebih cocok untuk kamu.

Hal ini disebabkan karena anak-anak yang berkuliah akan lebih cenderung menggunakan jasa cuci secara keseluruhan untuk pakaian mereka, oleh karena itu, laundry kiloan akan lebih menguntungkan dan lebih diminati. 

Beda jika kamu tinggal di lingkungan perumahan elite. Jika kamu ingin membuka bisnis laundry di lingkungan perumahan elite, maka laundry kiloan tidak akan menguntungkan.

Pasalnya di area lingkungan elite, masing-masing rumah sudah memiliki asisten rumah tangga sehingga masalah pakaian kotor sudah tidak akan menjadi masalah. Sebaliknya, jenis bisnis laundry dry clean akan lebih cocok dan lebih banyak diminati. 

Lalu bagaimana dengan laundry koin?

Laundry koin adalah salah satu jenis bisnis laundry yang belakangan ini cukup marak di Indonesia. Jenis laundry ini biasanya dilakukan untuk laundry dalam jumlah besar.

Untuk kamu yang tinggal di lingkungan perumahan kecil dimana banyak keluarga baru yang masih muda, maka laundry koin mungkin akan lebih menarik.

Keluarga baru yang masih muda cenderung lebih sibuk karena biasanya keduanya bekerja. Hal inilah yang menyebabkan bisnis laundry koin akan lebih cocok untuk digunakan pada lingkungan tersebut.

Cari inovasi dalam bisnis kamu 

Bisnis laundry koin yang menguntungkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis laundry adalah salah satu bisnis yang cukup menarik. Akan tetapi bisnis ini memang merupakan bisnis yang cukup ramai kompetitor.

Sudah ada banyak sekali jasa bisnis laundry yang saat ini sudah ada di sekitar kamu dan mungkin akan lebih dipercaya karena memiliki pengalaman yang lebih banyak.

Perlu kamu tahu, konsumen dalam hal bisnis laundry adalah konsumen yang tidak loyal. Artinya mereka mudah berganti jika menemukan jasa yang lebih menguntungkan bagi mereka. 

Saat ini ada banyak sekali bisnis laundry yang sudah berdiri di lingkungan kamu, akan tetapi kesempatan untuk menjadi pelaku bisnis laundry yang sukses memang ada sangat besar.

Apalagi jika kamu membuat bisnis yang lebih inovatif. Ada banyak sekali inovasi-inovasi yang bisa di lakukan dalam bisnis laundry. Berapa inovasi tersebut antara lain adalah :

  • Layanan pick up dan delivery
  • Layanan pres untuk pakaian laundry
  • Layanan laundry bahan spesial seperti bahan batik dan bahan sutra 
  • Layanan service laundry yang cepat 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, laundry untuk bahan batik dan bahan sutra bisa menjadi salah satu kelebihan dari bisnis kamu.

Hal ini disebabkan karena kedua bahan ini memang tidak boleh di cuci dengan cara yang sembarangan, jika kamu bisa membuat layanan spesial ini, maka kamu bisa mendapatkan konsumen yang loyal karena layanan tersebut merupakan layanan yang belum ada di jasa laundry secara umum.

Ketika kamu akan membuat layanan yang spesial pada bisnis laundry kamu, maka pastikan kamu tahu bagaimana cara memperluas bisnis laundry kamu dengan biaya yang minim tapi keuntungan yang lebih maksimal.

Pastikan kamu tahu bagaimana cara membuat konsumen kamu puas dengan layanan yang kamu miliki. Jika layanan kamu spesial tapi tidak memuaskan akan sama saja lho!

Gunakan alat dan bahan yang terbaik 

Salah satu cara lain yang perlu dilakukan ketika kamu akan membuat bisnis laundry adalah mengenai alat dan bahan yang akan kamu gunakan.

Ketika kamu akan membuat bisnis laundry, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih alat yang terbaik sebagai mesin laundry kamu.

Contohnya gunakan mesin cuci pakaian yang memiliki teknologi yang berhubungan dengan kebersihan yang lebih terjamin. 

Dengan menggunakan mesin cuci dengan teknologi baru yang menjamin tingkat kebersihan yang lebih baik, kamu bisa melakukan promosi yang lebih kuat sehingga lebih mudah menarik konsumen baru.

Selain mempersiapkan mesin cuci untuk bisnis laundry kamu, ada berapa alat lagi yang perlu kamu siapkan saat akan memulai bisnis laundry.

Apa saja? Berikut ulasannya dan cara pemilihannya. 

Memilih mesin untuk laundry

memilih mesin cuci dalam usaha laundry

Mesin cuci

Salah satu alat yang diperlukan saat akan memulai bisnis laundry adalah mesin cuci.

Mesin cuci merupakan mesin yang dapat digunakan untuk menghemat waktu dan juga tenaga untuk membersihkan pakaian langganan kamu. 

Ketika kamu akan memilih mesin cuci yang akan kamu gunakan dalam bisnis laundry kamu, maka kamu harus menanyakan pada diri kamu terlebih dahulu mesin cuci dengan ukuran seperti apa yang akan kamu beli.

Berapa lama 1 cycle dari pencucian dan juga ukuran dari drum serta fitur yang kamu inginkan. 

Perlu kamu ketahui, mesin cuci untuk bisnis laundry mungkin bisa akan memiliki harga yang cukup mahal, apalagi jika kamu mencari mesin cuci dengan fitur yang unggul, maka harga dari mesin cuci yang akan kamu beli sudah pasti akan lebih mahal lagi. 

Selain memperhatikan fitur, ukuran dan hal-hal lain yang sudah disebutkan sebelumnya.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan pada saat kamu akan memilih mesin cuci adalah mengenai garansi yang akan kamu dapatkan mesin cuci yang akan kamu beli.

Pastikan kamu memilih mesin cuci yang memiliki garansi yang panjang sehingga kamu tidak perlu bingung membayar reparasi jika ada masalah pada mesin cuci yang kamu beli. 

Pengering 

Biasanya pelaku bisnis laundry yang sudah profesional akan membeli mesin cuci yang khusus digunakan untuk mencuci tanpa pengering.

Jika kamu juga akan memilih mesin cuci yang tidak menggunakan pengering, maka kamu harus siap membeli pengering tersendiri dan pastikan kamu mengetahui bagaimana cara memilih pengering yang tepat. 

Memilih pengering memang harus dilakukan dengan seksama, hal ini disebabkan karena pengering yang salah akan menyebabkan biaya listrik bulanan kamu akan melonjak.

Oleh karena itu, untuk menghemat biaya operasional dari bisnis laundry kamu pastikan kamu memilih pengering yang tepat. 

Jika bisa, pilihlah mesin pengering yang memiliki sensor kelembaban sehingga mesin ini bisa hidup dan mati sesuai dengan kebutuhan pengeringan kamu.

Selain itu, menggunakan mesin pengering dengan sensor kelembaban akan membantu menghindarkan pakaian yang kamu kerjakan terpapar panas yang tidak dibutuhkan.

Pasalnya, pakaian yang terpapar panas berlebihan biasanya akan menjadi kusam dan kehilangan warna aslinya. 

Mesin press

Kebutuhan untuk laundry kamu selanjutnya adalah mesin pres.

Mesin pres adalah mesin yang dibutuhkan jika bisnis laundry kamu menerima laundry untuk gaun, jeans, seragam dan juga material berat yang digunakan untuk membuat dress lainnya.

Ketika kamu ingin memilih mesin pres, pastikan mesin pres yang kamu beli memiliki cara penggunaan yang jelas. Selain itu, perhatikan kembali mengenai fitur keamanan yang dimiliki oleh mesin tersebut. 

Mesin steamer

Steamer juga merupakan salah satu perlengkapan yang penting dalam sebuah bisnis laundry. Hal ini disebabkan karena mesin steamer akan membantu mempermudah pelembutan pakaian konsumen kamu dari lipatan-lipatan yang terjadi karena pencucian.

Ketika akan memilih mesin steamer, pastikan kamu mengetahui kelengkapan dari mesin yang akan kamu dapatkan saat pembelian. 

Mesin boiler 

Untuk menghasilkan uap yang digunakan dalam mesin steamer, kamu juga perlu menggunakan mesin boiler.

Mesin boiler ini bisa ditemukan dengan tenaga gas dan juga tenaga elektrik. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis laundry kamu.

Temukan lokasi yang tepat 

Cara memulai bisnis laundry selanjutnya adalah menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis laundry kamu.

Ketika kamu akan membuat sebuah bisnis laundry, lokasi sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini juga sudah disebutkan sebelumnya. Bahwa pemilihan bisnis akan ditentukan dari lokasi tempat kamu akan memulai bisnis laundry tersebut. 

Akan tetapi selain disesuaikan dengan jenis bisnisnya, pemilihan lokasi untuk bisnis laundry ini harus disesuaikan dengan banyak hal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu akan memilih lokasi untuk bisnis laundry ini antara lain adalah :

  • Tempat parkir 
  • Jumlah keluarga dan single family di area tersebut 
  • Jumlah kompetitor 
  • Visibility dari area bisnis yang akan digunakan memulai bisnis 
  • Kedekatan lokasi dengan bisnis lain seperti supermarket, farmasi, dan toko-toko lainnya. 

Lingkungan bisnis yang memiliki aspek-aspek seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki banyak kelebihan.

Salah satunya adalah karena lokasi yang lebih ramai akan menarik lebih banyak calon konsumen pada bisnis kamu.

Contohnya jika di dekat lokasi bisnis laundry kamu ada supermarket atau minimarket, maka konsumen akan lebih menyukai lokasi bisnis tersebut karena bisa “sekalian”.

Persiapkan Modal Usaha Laundry

modal usaha sudah tentu hal yang kamu harus pikirkan.

Dengan modal yang kamu punya, kamu harus membuat sebuah budget agar semua perencanaan dapat tertata rapi dan teroganisir.

Budgeting dalam bisnis laundry tidak hanya terbatas dari persiapan biaya untuk membeli perlengkapan dan juga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan persewaan tempat. 

Selain membeli perlengkapan dan juga mengenai persiapan tempat yang akan digunakan untuk bisnis laundry kamu, hal lain yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis laundry ini adalah mengenai biaya bulanan yang mungkin kamu keluarkan berbanding dengan potensi pengembalian modal. 

Beberapa hal yang berhubungan dengan biaya bulanan untuk bisnis kamu contohnya adalah biaya listrik, biaya air, biaya untuk membeli bahan-bahan untuk laundry seperti sabun, pelembut, pewangi atau parfum dan hal-hal lainnya.

Jika kamu ingin menggunakan tenaga orang lain untuk menjalankan bisnis laundry kamu, maka biaya sewa jasa tiap bulan untuk tenaga ini juga perlu diperhitungkan. 

Persiapkan strategi marketing

strategi marketing dalam memulai usaha laundry

Hal lain mengenai bisnis laundry yang perlu dipersiapkan adalah mengenai strategi marketing.

Memulai bisnis laundry dari nol secara profesional akan membutuhkan banyak biaya untuk modal.

Apalagi jika bisnis kamu adalah bisnis yang dijalankan dengan tim, maka bisnis laundry kamu tiap bulan akan mengeluarkan biaya paling tidak biaya listrik dan biaya penjaga untuk bisnis laundry kamu. 

Agar biaya bulanan ini bisa berimbang dengan pemasukan, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu strategi marketing yang terbaik untuk bisnis laundry kamu.

Kamu bisa membuat promosi cuci gratis, atau mencoba promosi merchandise dan strategi marketing yang lainnya. 

Sangat penting bagi kamu untuk membuat promosi terlebih jika persaingan bisnis laundry di area tersebut cukup ketat.

Selain membuat promosi, perhatikan juga mengenai pengiklanan yang kamu buat. Pastikan untuk membuat iklan yang berwarna warni, besar dan tentunya menarik perhatian dari calon konsumen Kamu. 

Strategi marketing ini tidak terbatas hanya promosi dan juga benda-benda promosi yang bisa digunakan untuk menarik konsumen.

Pemilihan nama untuk bisnis, pemilihan warna untuk lokasi bisnis kamu dan hal-hal lainnya juga termasuk dalam strategi bisnis.

Oleh karena itu, jika kamu memang memulai bisnis laundry yang besar, pastikan kamu masukkan hal ini dalam diskusi dengan tim kamu untuk mendapatkan market yang sesuai dengan tujuan kamu. 

Legalitas 

Hal lain yang penting untuk diperhatikan ketika kamu ingin memulai bisnis laundry adalah mengenai legalitas dari bisnis kamu.

Sangat penting bagi kamu untuk mengurus legalitas, seperti pengurusan surat izin usaha sebelum kamu memulai bisnis laundry kamu. Mengurus legalitas, akan semakin penting lagi jika kamu ingin membuka bisnis besar dan memiliki banyak cabang.

Jika bisnis kamu tidak memiliki legalitas, maka bisnis kamu bisa ditutup sewaktu-waktu. Sangat sayang bukan jika bisnis yang kamu buat sudah punya banyak konsumen loyal tapi tiba-tiba tutup karena masalah legalitas ini. 

Buka buku rekening untuk bisnis laundry kamu

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika kamu akan membuka bisnis laundry adalah membuat buku rekening khusus untuk bisnis laundry kamu.

Sangat penting bagi kamu untuk membuat buku rekening untuk bisnis laundry kamu, baik bisnis laundry yang kamu buat adalah bisnis laundry yang kecil maupun bisnis laundry yang besar, maka buku rekening adalah hal yang penting untuk diperhatikan. 

Buku rekening khusus untuk bisnis kamu bisa membantu kamu untuk memisahkan biaya pemasukan dan pengeluaran untuk bisnis kamu.

Dengan begitu uang untuk bisnis dan uang pribadi tidak akan bercampur. Sangat penting untuk memisahkan uang untuk bisnis kamu dan juga uang pribadi.

Hal ini digunakan untuk mencegah kamu menggunakan uang untuk pengembangan bisnis kamu dan sebaliknya. 

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerugian bisnis, pemisahan uang ini akan berguna untuk menghindari terjadinya kerugian dan kebangkrutan menyeluruh pada harga pribadi kamu. 

Nah demikian adalah ulasan mengenai cara memulai bisnis laundry yang bisa kamu ikuti, semoga ulasan yang kamu berikan bisa memberikan banyak keuntungan dan panduan yang jelas bagi kamu yang ingin memulai bisnis laundry.

Pastikan untuk tetap semangat dan pantang menyerah karena memulai bisnis memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. 

1 thought on “9 Tips Jitu Memulai Usaha Laundry (2020)”

Leave a Comment